Pembaca Cerdas Pasti Melakukan Hal Ini

Pembaca Cerdas Pasti Melakukan Hal IniKegiatan membaca adalah kegiatan yang mampu membuka pola pikir dan menambah pengetahuan seseorang. Membaca buku sering diibaratkan dengan membuka jendela dunia. Oleh karena itu, sebagai pembaca kamu harus mampu menyeleksi bahan bacaan sehingga mampu menjadi pembaca cerdas.

Pembaca Cerdas Pasti Melakukan Hal Ini

Seorang pembaca dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain :

1. Pembaca cerdas

Pembaca cerdas adalah seseorang yang mampu memahami dengan baik dan mendalam suatu bacaan. Orang seperti ini biasanya melakukan analisis dan bersikap hati-hati mengenai bahan bacaan supaya tidak salah menafsirkan.

2. Pembaca apatis

Tipe pembaca apatis adalah seseorang yang tidak terlalu peduli dengan makna cerita dan amanat yang coab penulis sampaikan dalam tulisannya. Pembaca apatis akan lebih memperhatikan kejadian yang terjadi kepada tokoh. Setelah membaca, ia akan mudah lupa dengan inti cerita tersebut.

3. Pembaca otoriter

Merupakan tipe pembaca yang suka memaksakan kehendaknya terhadap cerita yang ia baca. Pembaca otoriter akan merasa tidak nyaman ketika cerita yang ada tidak sesuai dengan ekspektasiya. Mereka cenderung tidak menyelesaikan cerita tersebut dan meninggalkannya di tengah jalan.

4. Pembaca apresiatif

Pembaca apresiatif merupakan pembaca yang menerima apa adanya cerita dan sangat mengapresiasi penulis. Mereka sangat meinkmati cerita yang disajikan dan sering berkhayal bahwa mereka adalah tokoh utama dalam cerita tersebut. Terkadang mereka sangat mengidolakan penulis tertentu.

5. Pembaca sekilas

Pembaca sekilas adalah tipe pembaca yang sangat cepat dan mampu menyelesaikan bacaan dalam waktu yang singkat. Mereka biasanya tidak sabar dengan akhir cerita sehingga melewati beberapa bab yang terasa membosankan menuju ending cerita. Rasa penasaran yang tinggi dan mudah bosan menjadi ciri tipe pembaca sekilas.

Dari beberapa tipe pembaca di atas, pembaca cerdas merupakan tipe yang ideal dan harus dimiliki oleh semua orang. Berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk menjadi pembaca cerdas.

Tips Menjadi Pembaca Cerdas

1. Pilih buku sesuai dengan minat

Pemilihan jenis buku sangat penting sebab akan mempengaruhi semangat kamu dalam membaca. Kamu dapat memilih buku melalui genre yang tersedia seperti fiksi, non fiksi, horor, komedi dan lainnya.

2. Gunakan pembatas buku

Setelah membaca dalam waktu yang lama kamu akan cenderung lelah dan membutuhkan waktu untuk melakukan kegiatan lain. Kamu perlu menggunakan pembatas buku untuk menandai batas bacaan kamu agar tidak bingung saat melanjutkanya. Jika dari buku yang kamu baca tidak terdapat pembatas buku, kamu dapat membelinya atau membuatnya dari kertas.

3. Memberikan tanda pada kalimat penting

Memberikan tanda pada kalimat yang kamu anggap penting akan sangat efektif dalam memahami isi cerita. Kamu dapat menggunakan stabilo, sticky notes, atau pulpen untuk menandainya.

4. Mencatat poin penting dalam kertas

Ketika kamu menemukan hal-hal penting atau kalimat yang kamu sukai dalam cerita alangkah baiknya jika kamu menulisnya dalam sebuah kertas. Hal ini bertujuan agar kamu dapat memahami poin poin penting yang ada tanpa membaca semua cerita dari awal hingga akhir. Kamu juga dapat membuat rangkuman pribadi.

5. Merawat buku dengan baik

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya yaitu mengenai perawatan buku. Merawat buku sangat penting dilakukan agar buku tetap awet dan tidak rusak. Hal yang dapat kamu lakukan adalah memberikan sampul transparan dan meletakkanya dalam rak secara rapi.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tips yang dapat kamu lakukan untuk menjadi pembaca cerdas. Apakah kamu sudah melakukan hal tersebut?

Yuk, jadilah pembaca cerdas.

Tinggalkan Komentar