Mendapat Kritik Untuk Novelmu? Ini Tips Menghadapinya

Mendapat Kritik Untuk Novelmu? Ini Tips Menghadapinya

Menghadapi kritik bisa dibilang merupakan hal yang membuat banyak orang dilema, termasuk penulis. Pasalnya, kritik memang dibutuhkan untuk mengetahui apa pandangan orang terhadap karyamu.

Tetapi di satu sisi, kritik terkadang bisa menjadi menyakitkan ketika kamu menemukannya dalam balutan kata-kata yang membuatmu merasa kurang nyaman. Sehingga untuk menghadapinya, penulis akan membutuhkan trik khusus

Mendapat Kritik Untuk Novelmu? Ini Tips Menghadapinya

Mengingat betapa tidak mudahnya menghadapai kritik, pada kesempatan kali ini, Kami akan membagikan beberapa tips untuk menghadapi kritik. Semoga dengan begitu, kamu tidak akan patah semangat ketika menghadapinya.

1. Jangan Diambil Hati

Tips pertama yang perlu kamu coba lakukan untuk menghadapi kritik adalah dengan tidak memasukkannya ke hati. Sekilas, hal ini mudah untuk diucapkan tetapi tidak mudah dilakukan.

Tetapi kamu perlu tenang dan ingat kalau tujuan kamu adalah membuat naskah yang lebih baik sehingga sebaiknya coba dengarkan dulu kritik untuk novelmu, selama menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Ingatlah bahwa kamu tidak bisa memuaskan semua orang dan kritik akan selalu datang. Hal yang paling penting adalah kamu tidak patah semangat dalam menulis dan bisa terus konsisten untuk memperbaiki kualitas tulisanmu supaya menjadi semakin baik.

2. Jauhi Naskah Novelmu Untuk Sejenak

Berikutnya, kamu bisa coba untuk menjauhi sejenak naskah yang kamu tulis. Dengan menjauh sejenak, pikiranmu akan menjadi sedikit lebih tenang. Setelahnya, kamu bisa melihat sesuatu dengan leboh terbuka dan tidak terlalu banyak menggunakan perasaan yang membuatmu merasa down ketika mendapat kritik atau menemukan hal yang perlu diperbaiki dari novelmu.

Ketika pikiran sudah tenang dan kamu sudah bisa menemukan point dalam ceritamu yang perlu diperbaiki, kamu bisa melakukannya secara perlahan. Tidak perlu terburu-buru melakukan perbaikan naskah. Hal yang paling penting adalah kamu bisa konsisten ketika menjalankan proses menulisnya.

3. Tahu Apa yang Diinginkan

Sebagai penulis, kamu perlu kenal baik dengan naskahmu. Misalnya, kamu perlu tahu pesan apa yang ingin kamu sampaikan serta bagaimana cara untuk menyampaikannya.Dengan begitu, pembaca tidak akan bingung menerima informasi yang kamu tuliskan.

4. Menggunakannya Sebagai Bahan Interaksi

Kamu juga bisa memakai kritikan yang kamu dapat sebagai bahan untuk melakukan interaksi dengan pembaca. hal ini tentunya berlaku jika novel yang kamu tulis diterbitkan dalam bentuk online di platform.

Kamu bisa bertanya kepada pembaca secara mendalam dan detail tentang kritik yang mereka ajukan. Tetapi, ingat untuk tetap bersikap ramah dan sopan ya. Ingatlah bahwa pembaca adalah orang yang mendukung dan memperhatikan ceritamu serta bisa membantumu untuk berkembang.

Interaksi dengan pembaca juga akan membuat mereka senang karena bisa mengenalmu dan bisa menyampaikan pendapat mereka. Tetapi ingatlah bahwa kamu tetap adalah pemegang kendali atas cerita yang kamu tulis.

5. Hilangkan Pikiran Buruk

Ketika mendapatkan kritik, kamu bisa saja langsung kehilangan rasa percaya diri dan memiliki pikirin buruk terhadap kemampuan dirimu. Tapi, kamu perlu ingat sekali lagi kalau kritik bisa datang dari dan kapan saja dan mendapatkannya bukan berarti kemampuanmu buruk.

Sebaliknya, kamu bisa mendapat motivasi serta wawasan dari kritik yang disampaikan dengan baik dan benar. Jangan lupakan juga kalau tulisan yang bagus dan selalu diingat pembaca tidak lahir dalam semalam. Banyak novel yang terbit dan terkenal setelah melalui banyak rintangan termasuk kritikan.

Itulah tips menghadapi kritik untuk novel yangbisa kamu coba. Semoga kamu bisa selalu semangat dalam berkarya ya.

Tinggalkan Komentar