8 Cara Mempelajari Kritik Sastra untuk Pemula

8 Cara Mempelajari Kritik Sastra untuk Pemula

Bagi mahasiswa yang mengenyam di bangku kuliah jurusan sastra pasti tidak asing lagi mendengar karya tulis ini. Mempelajari kritik sastra berarti mempelajari bagaimana cara memahami dan menganalisis suatu karya untuk memberikan penilaian. Walaupun demikian karya tulis ini nantinya akan menjadi wawasan baru yang membimbing pemahaman pembaca.

8 Cara Mempelajari Kritik Sastra untuk Pemula

Sastra sendiri adalah sebuah karya seni tulis yang memiliki ekspresi dan estetika, sehingga acap kali karya tulis ini mencerminkan ekskpresi dan imajinasi manusia. Termasuk pada cerpen, novel, puisi, hingga drama.

Mendalami ilmu kritik sastra biasanya dilakukan oleh para sastrawan yang profesional di bidangnya, tapi bukan berarti kamu sebagai pemula tidak boleh mempelajarinya. Biasanya kritik sastra melibatkan analisis yang mendalam dengan mengidentifikasikan elemen-elemen seperti gaya penulisan, tema, hingga struktur cerita.

Tujuan utama kritik sastra adalah untuk mengungkapkan makna dan nilai artistik yang ada di dalam suatu karya menggunakan teori-teori sastra, pengetahuan sejarah, budaya hingga sosial untum membimbing analisis.

Cara Mudah Belajar ilmu Kritik Sastra

Seseorang dapat mendalami dunia sastra dengan lebih cermat salah satunya melalui perspektif yang lebih dalam terkait karya yang ia baca. Untuk mempelajari ilmu ini kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Baca dan Pahami Karya Sastra

Mulailah dengan membaca berbagai jenis karya sastra, seperti novel, cerpen, puisi, dan drama. Hal tersebut akan membantu membuka wawasanmu, usahakanlah untuk memahami pesan, gaya penulisan, dan elemen-elemen sastra yang digunakan.

2. Pelajari Teori Sastra

Memahami teori-teori sastra membantu kamu dalam menganalisis karya sastra secara lebih mendalam. Umumnya disesuaikan dengan mempelajari berbagai pendekatan kritik sastra, seperti kritik feminis, kritik marxisme, strukturalisme, dan postmodernisme.

3. Bergabung dengan Kelas atau Klub Sastra

Kamu bisa mulai dari mengambil studi atau jurusan khusus sastra di universitas atau bergabung dengan klub sastra di sekolah atau komunitas. Kemudian diskusikan karya sastra dengan orang lain untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.

4. Baca Buku dan Jurnal Kritik Sastra

Bacalah buku-buku tentang kritik sastra dan artikel di jurnal akademik, hal tersebut akan membantu memberikan pemahaman mendalam tentang teori-teori serta metode analisis untuk memberikan kritik.

5. Tulis Analisis Karya Sastra

Asah dan praktekkan keterampilan menganalisismu dengan menulis ulasan atau esai tentang karya sastra yang kamu pernah baca. Kemudiam tinjau ulang karya dengan kritis membantu kamu melatih cara melihat karya sastra dari sudut pandang analitis.

6. Mengikuti Seminar atau Konferensi Sastra

Walaupun terdengar remeh, kegiatan ini akan banyak membantumu tentang kritik sastra. Nantinya kamu dapat mendengarkan pandangan para ahli dan berinteraksi dengan mereka.

7. Gunakan Sumber Online

Manfaatkan sumber teknologi di sekitarmu. Seperti video-video online, video kuliah, blog, atau platform belajar daring yang khusus membahas kritik sastra. Sehingga membantu memperluas wawasanmu terhadap ilmu tersebut.

8. Diskusikan dengan Rekan atau Dosen

Diskusikan hasil analisismu dengan teman, dosen, atau orang yang memiliki minat yang sama. Dengan demikian, kamu bisa membuka perspektif baru untuk membantu memahami berbagai pendekatan kritik.

Jangan lupa untuk teruslah berlatih, membaca, dan mengasah keterampilan menganalisis sastra. Sehingga pemahamanmu di bidang ini terus meningkat dan kompetensimu terus terasah dalam kritik sastra. Semangat terus yaa.

Tinggalkan Komentar