Press Release Webinar Gratis “Cara Bikin Konflik Cerita Dalam Penulisan Fiksi”

Press Release Webinar Gratis “Cara Bikin Konflik Cerita Dalam Penulisan Fiksi”

Press Release Webinar Gratis “Cara Bikin Konflik Cerita Dalam Penulisan Fiksi

Tika Widya yang notabene bekerja sebagai penulis lepas kembali berbagi ilmu dalam Webinar Menulis Gratis, 28 Februari 2023 kemarin. Event ini merupakan webinar reguler tentang kepenulisan. Kali ini mengusung tema “Cara Bikin Konflik Cerita dalam Penulisan Fiksi”. Webinar yang dilakukan melalui platform zoom ini dihadiri oleh 140 peserta dari berbagai kalangan dan daerah. 

Setelah membahas bagaimana mengembangkan ide cerita pada webinar sebelumnya, kali ini Tika fokus membagikan ilmu cara membuat detail tokoh dalam penulisan novel atau karya fiksi lainnya. Menurutnya, sebuah cerita fiksi akan dinilai menarik jika tokoh utamanya menarik. Oleh karena itulah, setiap penulis harus memperhatikan dan membuat detail tokoh utama yang menarik sehingga memunculkan keterikatan pembaca secara emosional . 

Acara yang dipandu Malika Muchtar ini berlangsung mulai jam 19.00 sampai 20.30 memang cukup menarik. Pada webinar ini, Tika menjelaskan beberapa jenis tokoh dalam karya fiksi berdasarkan peran, seperti protagonis, antagonis, deuteragonist, tirtagonis, confidant, love interest dan foll characters. 

Tidak hanya itu, dia juga berbagi tips membuat tokoh yang dapat menarik pembaca. Misalnya, membuat tujuan dan motivasi tokoh terlebih dahulu. Kemudian membuat konflik internal dan eksternal yang mungkin akan dialami oleh tokoh fiksi.  Seorang penulis juga perlu menentukan apa saja kelebihan dan kekurangan tokoh.  Nah, untuk membuat itu semua, maka diperlukan sebuah riset. 

Dia menambahkan bahwa penulis dapat melakukan riset melalui berbagai cara, seperti observasi langsung kepada tokoh inspirasi. Selain itu, penulis juga bisa menonton film dokumenter tentang budaya daerah atau bertanya kepada seseorang yang menginspirasi karakter cerita kamu. 

Animo peserta yang mengikuti webinar ini cukup tinggi, terbukti banyak yang mengajukan pertanyaan. Mulai dari fitur chat atau bertanya secara langsung kepada narasumber. Detail penjelasan yang disampaikan oleh Tika membuat para peserta semakin antusias dan berharap acara serupa dapat digelar kembali di lain waktu.  

Secara keseluruhan webinar kepenulisan yang oleh disponsori Detak Pustaka ini berjalan lancar dan baik. Sesi pun ditutup dengan dokumentasi bersama. Tertarik untuk menyaksikan ulang webinar ini? Cek di sini.  

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *