Inilah Alasan Penulis Tidak Bisa Digantikan oleh Robot

Inilah Alasan Penulis Tidak Bisa Digantikan oleh Robot

Saat ini dunia sedang berada di era industri 4.0 yang mana teknologi sedang berkembang sangat pesat. Akibat dari kemajuan teknologi ini peran manusia terancam digantikan oleh robot. Beberapa pengamat mengatakan bahwa akan ada ratusan pekerjaan yang hilang akibat kemajuan teknologi ini. Lantas, apakah penulis bisa digantikan oleh robot?

Inilah Alasan Penulis Tidak Bisa Digantikan oleh Robot

Manusia diwajibkan untuk dapat beradaptasi dengan gaya hidup yang baru jika tidak ingin perannya digantikan oleh robot. Pengganti peran ini didasari oleh fakta bahwa saat ini sudah banyak sekali robot yang dibekali keterampilan memadai untuk dapat membantu pekerjaan manusia. Ditambah dengan kebiasaan manusia yang semakin lama kian malas karena adanya kecanggihan teknologi.

Selain itu, adanya anggapan mengenai hasil dari pekerjaan yang dilakukan oleh robot lebih efektif dan efisien dibandingkan hasil pekerjaan tangan manusia. Contohnya dalam melakukan pengemasan makanan. Pengemasan makanan menggunakan robot akan lebih hemat waktu dan efisien dibandingkan dengan tenaga manusia.

Berikut adalah beberapa profesi yang diperkirakan akan hilang akibat kemajuan teknologi, antara lain :

1. Pengirim surat

Profesi kurir pengirim surat ini diprediksi akan hilang sebab saat ini orang dapat mengirim pesan kapan pun mereka inginkan melalui email. Selain itu juga terdapat beberapa aplikasi seperti line, whatsApp, telegram, dan lain sebagainya yang mampu membuat komunikasi berlangsung secara praktis.

2. Kasir

Tenaga manusia yang bekerja sebagai kasir terancam punah sebab saat ini beberapa toko sudah menerapkan budaya self services, dimana mereka melayan diri sendiri tanpa bantuan kasir dalam pembayarannya. Selain itu, dengan kemajuan teknologi kini telah hadir beragam uang elektronik yang dapat langsung terhubung dengan sistem.

3. Tukang parkir

Di era industri 4.0 ini profesi tukang parkir sudah terancam punah. Hal ini disebabkan oleh kecanggihan teknologi dalam kendaraan yang mampu melakukan parkir mandiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu di kota-kota besar juga sudah banyak teknologi parkir otomatis.

4. Pustakawan

Kemajuan teknologi juga berdampak pada buku, dimana sekarang sudah hadir banyak sekali e-book yang dapat diakses melalui HP. Selain itu harga yang ditawarkan oleh e-book jauh lebih murah dibandingkan dengan buku fisik sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli e-book.

5. Buruh pabrik

Selain empat profesi di atas, profesi sebagai buruh pabrik juga terancam kepunahannya. Sebab dalam industri saat ini penggunaan alat berat sangat banyak yang mana tidak bisa dijangkau oleh kekuatan manusia. Oleh karena itu, penggunaan robot lebih diutamakan.

Alasan Penulis Tidak Bisa Digantikan oleh Robot

Namun, dibalik itu ternyata juga ada beberapa profesi yang tidak akan punah meskipun kecanggihan teknologi hadir. Salah satu profesi yang tidak dapat digantikan oleh robot akibat kemajuan teknologi adalah penulis. Berikut ini alasannya.

1. Robot tidak memiliki imajinasi dan kreativitas

Alasan pertama yang menyebabkan seorang penulis tidak dapat digantikan oleh robot adalah karena robot tidak memiliki daya imajinasi dan kreativitas. Padahal imajinasi dan kreativitas adalah modal utama penulis dalam membuat sebuah karya. Tanpa adanya kedua elemen tersebut penulis akan kesulitan dalam merangkai kata hingga penulisan karya.

2. Robot tidak memiliki perasaan dan empati

Selain tidak memiliki imajinasi dan kreativitas, robot juga tidak memiliki perasaan dan empati. Dalam menulis karya, seorang penulis harus menggunakan empatinya supaya tulisannya menjadi indah dan menarik. Sedangkan robot tidak bisa melakukan hal tersebut.

3. Setiap penulis memiliki keunikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap penulis memiliki keunikannya masing-masing, seperti gaya kepenulisan, cara membuka cerita, karakter tokoh, dan lain sebagainya. Sebaliknya robot tidak memiliki keunikan sebab mayoritas karya yang dibuat oleh robot sudah diprogram dan bersifat mutlak.

4. Tidak ada ikatan antara robot dengan pembaca

Poin tambahan yang juga penting dalam sebuah karya adalah sebagai sarana bagi penulis dan pembaca berinteraksi. Melalui karya penulis mampu memberikan amanat tertentu kepada pembacanya.

Nah, sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai alasan penulis tidak bisa digantikan oleh robot. Semoga membantu.

Semangat terus dalam berkarya!

Tinggalkan Komentar