Kamu Kesulitan Membaca Novel Sampai Akhir? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Kamu Kesulitan Membaca Novel Sampai Akhir? Berikut Tips Yang Bisa Kamu Coba

Membaca adalah jendela dunia. Artinya, membaca akan bisa membuat kamu mendapatkan banyak ilmu serta informasi yang menambah wawasan. Tapi, perlu diketahui kalau membaca juga bisa menjadi kegiatan yang sulit dilakukan untuk mereka yang belum terbiasa melakukannya.

Berikut ini, Kami akan bahas tips yang bisa Kamu coba untuk bisa membaca novel sampai halaman terakhir.

Kamu Kesulitan Membaca Novel Sampai Akhir? Berikut Tips yang Bisa Kamu Coba

Menyelesaikan sebuah novel bisa menjadi sebuah tantangan berat untuk orang yang baru saja ingin memulai tekun dalam kegiatan membaca. Tetapi, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dicoba untuk menyelesaikan sebuah novel.

1. Memilih Buku yang Sesuai Selera

Supaya kamu bisa memiliki semangat baca sampai bagian akhir novel selesai, mulailah dengan membaca sesuatu yang sesuai dengan selera kamu. Sebagai contoh, jika kamu menyukai kisah petualangan, maka pilihlah satu judul novel petualangan yang paling menarik perhatianmu dan mulailah kegiatan membacamu.

Pada tahap awal ini sebaiknya hindari membaca novel yang genrenya bukan favoritmu karena bisa jadi semangat membacamu malah akan berkurang. Nanti, jika sudah mulai terbiasa, kamu bisa coba membaca novel dengan genre yang sebelumnya kurang menarik perhatianmu.

2. Memasang Target Waktu untuk Membaca

Tips selanjutnya untuk kamu bisa membca novel sampai selesai adalah dengan menentukan target kapan novel itu selesai dibaca. Target atau batas waktu ini akan membuat Kamu terpacu untuk terus membaca.

Tapi, kamu perlu ingat kalau kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan target membaca. Misalnya, kamu perlu melihat berapa banyak halaman yang dimiliki buku. Hal ini penting, karena waktu target yang terlalu sedikit akan membuat kamu kurang bisa menikmati novel yang kamu baca.

Sementara, target waktu yang terlalu banyak akan berpotensi membuat semangat  untuk membaca novel menjadi kendor. Karena itulah, penting untuk memutuskan target waktu membaca yang tidak terlalu sebentar dan juga tidak terlalu lama.

3. Manfaatkan Waktu Senggang

Kesibukan sering menjadi alasan  sebagian besar orang untuk tidak membaca buku maupun novel. Namun, sebenarnya, meski sibuk, kamu tetap bisa membaca novel sampai selesai.

Caranya adalah dengan memanfaatkan waktu senggang atau luang sebaik mungkin. Sebagai contoh, kamu bisa sempatkan untuk membaca beberapa lembar halaman novel ketika sedang menunggu kendaraan atau ketika sedang berada di dalam perjalanan.

Dengan begitu, kamu tetap akan bisa menyelesaikan novel meskipun memiliki banyak kegiatan.

4. Fokus Pada Satu Judul Terlebih Dahulu

Hal yang paling penting ketika hendak memulai sesuatu adalah fokus. Termasuk dalam hal membaca novel. Supaya bisa membaca sebuah novel sampai selesai, kamu disarankan untuk fokus pada satu judul saja terlebih dahulu.

Karena itulah, sebaiknya hindari melihat ulasan buku lain sebelum novel yang kamu baca selesai. Menghindari melihat ulasan buku lain bisa membuat kamu tidak tergoda untuk membeli buku lain yang menarik perhatian sebelum novel yang kamu baca selesai.

5. Ambil Jeda Supaya Tidak Bosan

Bagi orang yang telah terbiasa membaca, kegiatan ini bisa jadi menyenangkan bahkan membuat lupa waktu. namun bagi orang yang baru saja hendak mmbuat membaca novel menjadi kegiatan yang rutin, kebosanan bisa saja melanda di tengah prosesnya.

Supaya bisa menghalau rasa bosan yang mungkin timbul ketika sedang membaca sebuah novel,kamu bisa melakukan kegiatan lain yang kamu senangi.

Misalnya, setelah membaca beberapa halaman novel, kamu bisa bermain game, memasak maupun menonton tayangan favorit.

Dengan begitu, kamu tidak akan menghitung berapa banyak halaman novel yang telah kamu baca dan juga tidak akan merasa bosan.

Sebenarnya, tidak setiap orang yang baru saja mulai membaca  novel akan mengalami kesulitan untuk membiasakan diri melakukannya. Tetapi jika kamu termasuk salah satu yang sulit menyelesaikan novel , maka langkah-langkah diatas bisa kamu coba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *