5 Jenis Tulisan Feature yang Perlu Kamu Tahu!

5 Jenis Tulisan Feature yang Perlu Kamu Tahu!

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai struktur feature. Sekarang kami akan membahas tentang lima jenis tulisan feature.

Sudah kami uraikan sebelumnya mengenai perbedaan feature dan karya jurnalistik lainnya, kamu bisa membacanya di sini. Di mana kita tahu bahwa feature juga merupakan karya jurnalistik yang menyampaikan informasi berdasarkan data dan fakta. Namun penyampaian menggunakan teknik menulis yang lebih kreatif.

5 Jenis Tulisan Feature yang Perlu Kamu Tahu!

Lalu apa saja hal-hal yang disampaikan atau diberitakan oleh karya tulis feature tersebut. Pada artikel ini lah kami akan menguraikannya dalam bentuk jenis-jenis tulisan feature. Silakan menyimaknya, dan semoga bermanfaat!

1. News Feature

Tulisan atau artikel feature jenis ini merupakan tulisan ringan berupa sisi lain dari berita yang tengah terjadi atau berita aktual. Penyampaian dari sisi peristiwa lain dari peristiwa utama pada beritanya tersebut disampaikan dengan cara ringan, menggugah rasa, dan menarik perhatian khalayak.

Feature jenis ini lebih mudah basi, bila dibandingkan dengan feature jenis lainnya. Tetapi basinya news feature berbeda dengan hard news. Sebab new feature masih berlaku selama kasus atau berita utamanya masih hangat diperbincangkan. Peristiwa yang disampaikan ini masih berfokus pada topik hard news tapi bukan cerita yang terkait tenggat waktu.

2. Feature Budaya

Melansir buku Teknik Penulisan Feature oleh Arifin S. Harahap (2020), feature budaya adalah tulisan ringan berbagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat yang subjektif dan menggugah rasa dan tidak terikat waktu (aktualitas) dengan tujuan memberi informasi kepada pembaca.

3. Feature Profil

Feature jenis ini merupakan tulisan yang memberikan gambaran tentang seseorang, kelompok, atau organisasi yang layak untuk diceritakan, bisa meliputi latar belakang, pengalaman, dan pencapaian mereka. Menulis feature jenis ini diperlukan usaha yang keras karena menyangkut penggambaran suatu hal/peristiwa yang harus sesuai data dan fakta.

Pengambilan informasinya bisa melalui wawancara pada seseorang yang mengenal tokoh/objek yang akan ditulis tersebut. Melansir Study Lecture Notes, penulis yang hendak menulis feature jenis ini harus menghindari pola pikir stereotip.

4. Feature Human Interest

Tulisan atau artikel ini menyoroti aspek-aspek manusiawi, seperti kisah inspiratif, pengalaman unik, atau tantangan hidup yang dihadapi seseorang. Jenis artikel feature ini dimaksudkan untuk membangkitkan respons emosional dari pembaca baik kesedihan, kegembiraan, atau kemarahan.

5. Jenis Tulisan Feature Sejarah

Jenis tulisan feature ini mengungkapkan suatu peristiwa sejarah tanpa melibatkan interpretasi serta pendapat penulisnya. Melansir Study Lecture Notes, artikel feature jenis ini walaupun berupa pengungkapan sejarah tapi akan tetap menarik untuk dibaca, sebab:

  1. unik.
  2. memberi cahaya/pencerahan baru pada cerita lama.
  3. menyanggah kepercayaan populer yang salah.
  4. mempromosikan spekulasi dan pencitraan di kalangan pembaca.

Biasanya feature sejarah ini ditulis pada saat menjelang atau tepat di waktu di mana peristiwa sejarah itu pernah terjadi. Semisal di akhir bulan September, maka feature sejarah seperti tulisan mengenai fakta sejarah peristiwa G30S PKI akan banyak dijumpai. Atau pada saat bulan Agustus akan banyak kita jumpai artikel atau tulisan feature mengenai proses kemerdekaan Republik Indonesia, dan lain sebagainya.

Itulah lima jenis artikel atau tulisan feature yang setidaknya perlu untuk kamu ketahui. Selain kelima jenis feature tersebut, ada lagi jenis feature lainnya seperti feature teknologi, entertainment, food, traveling, olahraga, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, artikel feature bersifat serbaguna dan dapat mencakup berbagai topik, mulai dari berita hingga hiburan, gaya hidup dan budaya. Tujuan utama artikel feature adalah untuk menceritakan kisah menarik yang melibatkan pembaca dan memberikan wawasan tentang subjek tertentu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *