Cara dalam Menulis Jurnal Harian yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

Cara dalam Menulis Jurnal Harian yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

Setelah sebelumnya kami membahas tentang manfaat menulis jurnal harian, sekarang akan kami uraikan cara untuk menuliskannya. Untuk kamu yang sedang memulai menulis jurnal harian, maka artikel ini cocok untuk kamu baca.

Dan untuk kamu yang sudah rajin menulis jurnal harian di buku agendamu, artikel ini dapat kamu jadikan referensi apabila mengalami kendala seperti kurang tersistemnya agenda yang kamu buat di buku agendamu.

Cara dalam Menulis Jurnal Harian yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan

Seringkali karena banyaknya kegiatan atau agenda harian, journaling jadi tidak tersusun sistematis. Untuk itu simak beberapa tips dalam membuat atau menulis jurnal harian berikut ini.

Siapkan perlengkapan journaling

Sebenarnya tidak ada perlengkapan khusus untuk menulis jurnal harian. Kamu bisa menuliskannya di mana saja baik di laptop, ponsel, buku agenda, atau bahkan buku tulis biasa.

Namun ada beberapa alat pelengkap yang bisa kamu gunakan agar kegiatanmu dalam menulis agenda menjadi lebih menarik atau tidak membosankan. Berikut adalah daftarnya:

Buku agenda

Ada banyak macam buku yang bisa kamu jadikan sebagai buku agenda. Dari buku tulis biasa sampai buku agenda tahunan berbentuk notebook planner. Di mana notebook planner tersebut telah dilengkapi dengan layout tahunan yang lengkap.

Pemilihan buku bergantung pada selera masing-masing individu. Bahkan sekarang kamu juga bisa mendesain buku agendamu sendiri dan mencetaknya.

Untuk hasil yang maksimal dan berkualitas, kamu bisa mencetak buku agenda tersebut di jasa cetak buku agenda profesional. Salah satunya di penerbit Detak Pustaka.

Nah, jika kamu kurang ahli dalam hal mendesain, tapi menginginkan buku agenda yang unik dan enak digunakan kamu bisa berkonsultasi dan memesannya di penerbit Detak Pustaka.

Kamu akan mendapatkan buku agenda berkualitas dengan mudah tanpa perlu pusing-pusing mendesainnya. Untuk lebih jelasnya terkait prosedur pemesan dan harga cetak buku agenda di Detak Pustaka kamu dapat membacanya di sini.

Alat pelengkap lainnya

Siapkan alat pelengkap lain yang bisa mempermudah menulis jurnal harian dan agar kamu lebih bersemangat, yaitu:

  1. Pena beraneka warna dari yang berwarna hitam dan warna lainnya (hijau, pink, jingga, biru dan lain sebagainya)
  2. Penggaris
  3. Stabilo
  4. Kertas sticky notes
  5. Pembatas buku, dan lain sebagainya

Daftar alat tersebut digunakan untuk mendekorasi buku agenda sehingga semakin bertambah semangatmu untuk journaling.

Tuliskanlah hal-hal berikut ini

Setelah alat-alat menulis telah tersedia, sekarang kamu perlu tahu apa saja yang dituliskan di buku agendamu untuk tujuan journaling. Tuliskan beberapa hal berikut ini sebagai salah satu cara memulai menulis jurnal.

1. Mimpi dan harapan

Tuliskanlah mimpi dan harapan terbesarmu pada halaman pertama jurnal harian. Sehingga setiap kali kamu membuka buku agendamu kamu tahu dan semakin semangat untuk mewujudkannya.

2. Kebiasaan yang ingin dibentuk

Tinggalkan Komentar