Tips Layout eBook (Buku Elektronik) dengan Mudah untuk Pemula

Tips Layout eBook (Buku Elektronik) dengan Mudah untuk Pemula

Menulis buku berisi konten atau informasi atau tutorial atau apa pun itu kini menjadi lebih mudah. Yaitu membuatnya dalam bentuk ebook (buku elektronik).

Banyak platform yang menyediakan tempat untuk menjual ebook salah satunya Google Play Store atau kamu bisa meng-uploadnya di situs web milikmu. Artinya kamu bisa menerbitkannya sendiri kapan saja asalkan telah rampung.

Tips Layout eBook (Buku Elektronik) dengan Mudah untuk Pemula

Menerbitkan ebook tidak boleh sembarang atau asal upload saja. Sebaiknya buatlah ebook yang bisa memudahkan pembaca dalam membacanya. Sehingga informasi yang ingin kamu sampaikan bisa tersampaikan ke pambaca.

Kemudahan pembaca dalam membaca ebook kita salah satunya dipengaruhi oleh bagaimana kita me-layout ebook tersebut. Pada artikel kali ini kami akan membagikan jenis dan tips layout ebook dengan mudah untuk pemula. Silahkan menyimaknya dan semoga bisa memberikanmu manfaat.

Jenis-jenis layout ebook

Secara garis besar layout ebook dibedakan menjadi dua. Di mana proses merancang ebook tersebut akan sangat bergantung dengan jenis layout yang kamu pilih tersebut. Berikut adalah dua jenis layout buku elektronik.

Layout ebook jenis reflowable

Jenis layout ebook yang satu ini desainnya dibuat dengan tujuan untuk memastikan pembaca dapat mengakses buku di perangkat apa pun dan menyesuaikan pemformatan teks agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Umumnya ebook ini sebagian besar berisikan teks seperti novel, cerpen, atau tips tentang melakukan suatu hal.

Layout ebook jenis fixed

Jenis layout ebook yang kedua ini biasanya digunakan untuk ebook yang dilihat menggunakan tablet atau komputer. Ukuran desain dibuat tetap, jika pembaca ingin melihat detailnya dapat menggulirkan ke kanan atau ke kiri, ke atas atau ke bawah.

Contoh layout ini digunakan pada ebook jenis:

  1. Majalah
  2. Buku anak-anak
  3. Buku panduan

Jenis ebook ini bila menggunakan layar yang lebih kecil dari desain ebook itu sendiri maka akan ada bagian yang terpotong atau tidak terlihat. Cara untuk melihatnya yaitu dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri, atas atau ke bawah.

Tips layout ebook

Berikut beberapa tips layout ebook khususnya untuk pemula.

Pastikan jenis ebook-nya apa

Pastikan terlebih dahulu ebook apa yang kamu buat. Setelah itu desainlah sesuai dengan jenis layout-nya. Apakah itu reflowable atau fixed.

Rekomendasi software untuk me-layout

Melansir Skill Share, ada beberapa rekomendasi software untuk me-layout ebook yang dibagi berdasarkan jenis layout-nya, yaitu:

Untuk jenis layout reflowable

Rekomendasi software-nya:

  1. Scrivene
  2. Vellum

Kedua software tersebut kaya fitur untuk proses menulis naskah sampai dengan me-layout yang meliputi mengedit, memformat, dan menerbitkan ebook.

Untuk jenis fixed

Bila ebook yang kamu buat berjenis layout fixed maka kamu bisa menggunakan Adobe InDesign. Dengan menggunakannya akan memudahkan dalam mendesain ebook yang memiliki banyak visual.

Kamu juga bisa menggunakan Canva bila ebook-mu banyak berisi visual atau gambar atau foto, ilustrasi, dan elemen desain. Canva sendiri dapat diakses secara gratis, ada juga yang berbayar yang tentu saja fiturnya lebih lengkap.

Pemilihan warna dan teks

Melansir Publuu, untuk desain layout ebook sebaiknya menggunakan font berukuran besar, dan pallet warna cerah.

Pemilihan pallet warna yang tepat dan menarik akan membuat kontenmu lebih menonjol sehingga memudahkan pembaca untuk membacanya. Tips dalam pemilihan pallet warna ialah jangan berlebihan menggunakannya. Cukup pertahankan dua-tiga pallet warna saja.

Untuk tips pemilihan pallet warna kamu bisa membacanya di sini. Sementara itu dalam pemilihan font, pilihlah jenis font yang sederhana dan mudah dibaca.

Nah itu dia tips umum dalam layout ebook khususnya untuk pemula. Lebih detail juga akan kami bahas tentang ebook dengan layout fixed di artikel berikutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *