Pelajari ini! 5 Kesalahan Pada Saat Meriset Kata Kunci

"Pelajari

Sebagai penulis blog atau artikel maupun pemula yang ingin mempelajari SEO hendaknya mempelajari atau menganalisa kata kunci terlebih dahulu. Akan tetapi, melakukan eksplorasi kata kunci perlu memperhatikan hal-hal penting sehingga mengurangi tingkat kesalahan yang sering dilakukan. Pada ulasan kali ini pembahasan akan seputar kesalahan yang sering dilakukan dalam meriset kata kunci.

Pelajari ini! 5 Kesalahan Pada Saat Meriset Kata Kunci

Tahapan eksplorasi ini biasanya disebut meriset kata kunci (keyword research). Fungsinya untuk mengetahui informasi apa saja yang diinginkan pengguna mesin pencari (search engine) dan membantu menjawabnya melalui konten yang kita buat.

Faktor-faktor kesalahan tersebut dihindari guna menghindari konten yang sudah dipublikasikan tetapi tidak menghasilkan apa-apa, yang terjadi karena kesalahan saat melakukan riset kata kunci. Simak informasinya yaa.

1. Tidak memakai kata kunci long-tail

Terkadang, kata kunci long-tail memiliki volume pencarian yang lebih rendah tetapi mereka dapat membawa lalu lintas yang sangat fokus dan tingkat konversi yang lebih tinggi. Makanya hal ini sangat penting jika  hanya berfokus pada kata kunci utama, mungkin kamu dapat kehilangan peluang untuk menargetkan audiens.

2. Terlalu fokus keyword dengan persaingan yang tinggi

Kesalahan lainnya dalam meriset kata kunci yang sangat sering adalah memilih keyword dengan persaingan yang sangat ketat, dan mungkin sulit untuk bersaing dengan pemain besar di industri yang dipilih.

Jangan membuang waktu dan sumber daya untuk menargetkan kata kunci yang persaingannya terlalu tinggi. Sebaliknya, carilah kata kunci dengan volume pencarian yang cukup dan persaingan yang terukur.

3. Tidak mempertimbangkan search intent

Search intent, juga dikenal sebagai niat pencarian atau merujuk pada maksud pengguna saat melakukan pencarian di mesin pencari. Saat seseorang memasukkan kata kunci tertentu ke dalam mesin pencari, mereka memiliki niat atau tujuan tertentu yang ingin mereka penuhi dengan pencarian tersebut.

Penting untuk memahami niat pengguna saat mereka mencari kata kunci tertentu. Apakah mereka mencari informasi, produk, atau mencari solusi untuk masalah tertentu? Mengoptimalkan halamanmu dengan memahami niat pengguna akan membantu dalam menyediakan konten yang relevan dan berguna bagi mereka, sehingga dapat meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik.

4. Melupakan variasi kata kunci

Kadang-kadang, fokus hanya pada satu kata kunci utama yang relevan dengan bisnis atau konten. Namun, penting untuk mempertimbangkan variasi kata kunci yang mungkin digunakan pengguna.

Orang dapat menggunakan sinonim, frasa terkait, atau variasi lain dari kata kunci tersebut. Dengan mengoptimalkan halamanmu untuk variasi kata kunci ini, kamu dapat mencakup lebih banyak permintaan pencarian dan menjangkau lebih banyak audiens potensial.

5. Hanya fokus pada google

Google menjadi search engine yang paling sering dipakai oleh orang-orang dalam mencari berbagai macam informasi. Namun untuk memaksimalkan traffic ke dalam website, kamu bisa memakai channel selain Google, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan konten trending jika berada di Twitter ataupun meriset hashtag yang ada di Instagram ataupun TikTok maupun YouTube. Kamu bisa memanfaatkan keyword suggestion yang disajikan lewat kolom pencarian. Dengan begitu, kamu bisa memahami apa saja yang sedang dicari pelanggan melalui Twitter, Facebook, Instagram, hingga Google.

Dalam melakukan riset kata kunci SEO, penting untuk memperhatikan kesalahan-kesalahan di atas dan mencoba menghindarinya. Hal ini akan membantu kalian untuk mencapai audiens yang relevan dan meningkatkan kunjungan pengguna ke situs web kamu di mesin pencari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *