Wajib Kamu Tahu! Pengertian Makalah dan Ciri-cirinya

Wajib Kamu Tahu! Pengertian Makalah dan Ciri-cirinya

Mengenal pengertian makalah dan ciri-cirinya yang wajib kamu ketahui. Dalam kalangan pendidikan makalah juga dapat diartikan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Namun, secara umum makalah merupakan tugas dari guru atau dosen sebagai persyaratan penilaian untuk menyelesaikan pelajaran atau mata kuliah, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan lapangan. Makalah juga dapat dibuat oleh nara sumber lain seperti pejabat pemerintahan, rektor, dosen kepala sekolah, guru dan lain-lain, sebagai makalah kerja yang dibahas pada seminar, simposium, dsb. Biasanya makalah kerja disampaikan dalam bentuk argumentasi hasil penelitian dengan memasukkan asumsi dan hipotesis terhadap masalah yang diteliti. Lantas, apa pengertian makalah dan ciri-cirinya?

Wajib Kamu Tahu! Pengertian Makalah dan Ciri-cirinya

Dan berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Pengertian

Makalah merupakan karta tulisan yang memuat persoalan tertentu, yang dituliskan secara sistematis dan spesifik dengan analisis yang logis serta bukti yang objektif. Bagaimana, sudah paham atau malah bikin penasaran?. Apabila kamu merasa antusias dalam membuat makalah maka saya sarankan supaya kamu memuat bukti maupun toopik yang ingin kamu jadikan makalah. Bilamana, kamu sudah mempunyainya, maka susunlah dengan sistematis dan sertailah pemikiran yang logis.

Ciri-ciri makalah

Beberapa jenis dokumen maupun suatu karya tulis. Mungkin akan lebih dikenal dengan baik apabila karya tersebut memiliki ciri-ciri yang mengikat. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan makalah. Adapun ciri-ciri dari makalah diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahn yang terjadi.
  • Mendemostrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan tentang pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  • Dan untuk mendemontrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai pengertian dan ciri-ciri makalah. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya , sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *