Jenis, Syarat, dan Fungsi Makalah Bagi Mayarakat Luas

Jenis, Syarat, dan Fungsi Makalah Bagi Mayarakat Luas

Mengenal lebih lanjut mengenai jenis, syarat, dan fungsi dari makalah bagi masyarakat luas. Pada pembahasan kemarin, kita bersama telah membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri suatu makalah. Perlu kita ingat kembali, makalah merupakan karya tulis yang memuat persoalan tertentu, yang dituliskan secara sistematis dan spesifik dengan analisis yang logis serta bukti yang objektif. Namun, apabila kamu belum membacanya secara lengkap, silakan klik link yang tertera!

Wajib Kamu Tahu! Pengertian Makalah dan Ciri-cirinya

Kembali lagi pada topik awal, setelah kita mengenal pengertian maupun ciri-ciri suatu makalah, alangkah lebih baik pula kita juga mengerti tentang jenis, dan syarat serta fungsi dari suatu makalah itu sendiri. Tujuannya adalah supaya kita lebih lihai maupun mengerti akan maksud mengapa kita membuat makalah. Lantas, apa jenis dan fungsi suatu makalah itu?

Jenis, Syarat, dan Fungsi Makalah Bagi Mayarakat Luas

Dan berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Jenis-Jenis Makalah

Terdapat berbagai jenis makalah yang perlu kamu tahu, ada yang membedakan antara satu makalah dengan makalah yang lain. Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis dari makalah, yakni sebagai berikut:

1. Deduktif

Makalah deduktif merupakan makalah yang bersifat relevan serta teori yang disajikan merupakan pemikiran yang berupa fakta maupun opini yang sesungguhnya.

2. Induktif

Makalah ini merupakan suatu makalah yang bersifat objektif dan terkesan nyata melihat langsung dari hasil kerja yang diperoleh saat dilapangan.

3. Kajian

Makalah kajian merupakan makalah yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang rumit dan sifatnya kontroversial.

4. Kerja

Makalah kerja merupakan makalah yang dituliskan berdasarkan hasil dari suatu penelitian yang telah dilakukan, dan hasilnya juga sesuai penelitian tersebut.

Syarat Makalah

Sebelum kita menulis suatu dokumen, lebih baik kita mengenal syarat yang mengikat dokumen yang akan kita buat tersebut. Dikarenakan antara karya tulis yang satu dengan karya tulis yang lain tentu mempunyai suatu perbedaan. Berikut ini terdapat beberapa syarat menulis makalah, yakni sebagai berikut:

  • Berfokus pada topik maupun judul yang akan menjadi bahan pembahasan.
  • Membuat opini maupun pendapat dari berbagai media yang bersifat relevan.
  • Penjelasannya logis dan tidak membingungkan.
  • Mencantumkan asal dimana kamu mendapatkan teori dengan lengkap.
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Fungsi Makalah

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari makalah, yakni sebagai berikut:

  • Makalah dibuat untuk memberikan hasil dari suatu penelitian yang bersifat membuka jalan bagi ilmu pengetahuan yang lain.
  • Berguna supaya penulis mempunyai pengetahuan yang luas.
  • Membagikan pemikiran yang teoritis dan sesuai bidang yang ada.
  • Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai seluk beluk dalam membuat makalah. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar