Pengertian Cerita Fiksi Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Tahu

Pengertian Cerita Fiksi Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Tahu

Mengenal pengertian cerita fiksi dan ciri-cirinya dalam ilmu kepenulisan. Dalam kaidah kepenulisan, terdapat berbagai macam bentuk dan ciri-cirinya yang membedakan antara karya tulis yang satu dengan yang lain. Hal tersebut juga bisa menjadi ciri khas yang unik karena masing-masing karya tulis juga memiliki kelebihan yang dapat menghibur maupun mengikat para pembaca. Bersama kita mengenal, bahwa terdapat bentuk karya tulis berupa fiksi maupun non fiksi. Pada pembahasan kali ini, kita akan bersama-sama menguak mengenai cerita fiksi. Lantas, apa pengertian cerita fiksi dan cirinya yang perlu kamu ketahui?

Pengertian Cerita Fiksi Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Tahu

Dan berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Pengertian

Cerita fiksi merupakan sebuah atau hasil karya sastra yang isinya merupakan fantasi atau hanya sekedar rekaan dan bukan merupakan kejadian yang nyata. Dengan kamu sudah mengetahui apa itu cerita fiksi, maka kamu juga mendapat gambaran mengenai apa yang bisa kamu lakukan dalam membuat cerita fiksi itu sendiri. Namun, tidak jauh berbeda dengan cerita yang memuat kehidupan nyata, cerita fiksi juga memiliki pesan moral yang dapat diberikan kepada pembaca. Dalam proses pembuatannya, kamu harus bisa mengarang maupun memberikan sedikit imajinasi supaya alur cerita yang ada juga tidak terkesan rancu.

Ciri-ciri cerita fiksi

Berikut ini merupakan beberapa cirinya.

  1. Bersifat imajinatif sehingga tidak terdapat fakta maupun berbagai hal dalam kehidupan nyata.
  2. Memuat kebenaran maupun nilai yang relatif dan tidak mutlak.
  3. Dalam kebahasaannya cerita fiksi memakai bahasa konotatif dan bukanlah sebenarnya.
  4. Dalam unsurnya fiksi itu sendiri tidak memiliki sistematika yang baku.
  5. Biasanya karya fiksi merupakan karya yang menggambarkan emosi maupun perasaan penulisnya yang dicurahkan kepada pembaca, serta tidak menggambarkan pemikiran maupun logika.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai berbagai seluk beluk karya fiksi berupa pengertian dan ciri-cirinya. Apabila artikel ini bermanfaat dan memberikan kamu ilmu yang berguna, silakan untuk membagikannya kepada teman, saudara, dan komunitas menulis yang kamu miliki.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar