Jenis-jenis Karya Fiksi Lengkap Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis Karya Fiksi Lengkap Beserta Penjelasannya

Mendalami jenis-jenis karya fiksi dengan lengkap yang kamu perlu tahu. Pada pembahasan kemarin, kita bersama telah selesai membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri sebuah cerita fiksi. Perlu kamu ingat kembali, cerita fiksi merupakan sebuah atau hasil karya sastra yang isinya merupakan fantasi atau hanya sekedar rekaan dan bukan merupakan kejadian yang nyata. Namun, apabila kamu belum membaca dengan lengkap dan kamu ingin tahu lebih dalam, silakan supaya mengikuti link yang sudah tertera.

Pengertian Cerita Fiksi Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Tahu

Kembali lagi pada topik pembahasan, dalam beberapa karya sastra, cerita atau karya fiksi memiliki beberapa jenis. Hal tersebut dapat menambah keaneragaman bentuk dari karya fiksi itu sendiri, dengan kamu sudah mengenal pengertian dan ciri dari cerita fiksi. Alangkah baiknya kamu juga mempelajari mengenai jenis-jenis karya sastra ini. Lantas, apa saja jenis suatu karya fiksi itu?

Jenis-jenis Karya Fiksi Lengkap Beserta Penjelasannya

Dan berikut ini merupakan ulasannya.

Dongeng

Dongeng sering memberikan penjelasan pada masa lampau, oleh karena itu dongeng merupakan cerita turun temurun yang dalam penyampaiannya bisa secara lisan maupun tertulis. Dalam hal ini, dongeng tidak pasti akan kebenarannya, beberapa studi mengatakan bahwa dongeng memang benar-benar nyata dan ada juga yang mengatakan bahwa dongeng merupakan mitos belaka.

Berdasarkan keterangan yang sudah saya sampaikan, ternyata dongeng sendiri juga terdapat beberapa macam bentuknya, antara lain yaitu: sage (saga), mite, legenda, fabel dan dongeng yang lucu (cerita jenaka).

Novel

Novel sendiri merupakan cerita yang dalam isinya menceritakan kisah dari seseorang. Biasanya novel memiliki alur yang panjang karena menceritakan beberapa tokoh yang memungkinkan setiap tokoh tersebut memiliki permasalahan sendiri. Belum lagi, sebagian novel memiliki masing-masing episode, yang menjelaskan mengenai watak dari masing-masing pemeran. Dalam novel, terdapat tokoh yang berperan sebagai antagonis maupun protagonis.

Cerpen (Cerita pendek)

Cerpen sudah pasti memiliki alur yang pendek karena dengan melihat namanya saja kita sudah bisa mengenalnya. Namun, dalam isinya tidak jauh berbeda dengan novel, terdapat penyempitan maupun tindakan dalam mengurangi alur itu sendiri. Membaca cerpen bisa terselesaikan dalam sekali baca sembari sambil duduk manis.

Roman

Ciri khas dari karya fiksi berbentuk roman adalah temanya didominasi mengenai cerita cinta maupun kisah romantis saja. Namun, tak berbeda dengan beberapa jenis karya fiksi, kisah roman juga memiliki pesan moral yang dapat dipetik.

Demikianlah artikel mengenai jenis karya fiksi. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *