Rekomendasi Aplikasi Layout Buku yang Mudah Digunakan

Rekomendasi Aplikasi Layout Buku yang Mudah Digunakan

Tata letak atau layout merupakan satu komponen penting yang perlu kamu perhatikan dalam proses pembuatan buku. Layout yang rapi dan menarik akan membuat pembaca merasa nyaman. Untuk mewujudkan hal tersebut kamu perlu belajar cara membuat layout yang baik dan benar melalui aplikasi. Aplikasi merupakan perangkat lunak komputer yang mampu menyelesaikan pekerjaan penggunanya.

Rekomendasi Aplikasi Layout Buku yang Mudah Digunakan

Di era serba digital ini telah hadir berbagai aplikasi yang dapat membantu kamu membuat layout buku. Berikut ini saya berikan rekomendasi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat layout buku dengan mudah. Yuk, simak penjelasannya.

1. Adobe InDesign

Adobe InDesign merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh layouter. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk membuat desain, seperti layout buku, poster, brosur, dan majalah. Keunggulan yang ada pada Adobe InDesign adalah mampu memberikan penawaran efek dengan kualitas tinggi yang dapat membuat desain kamu terlihat lebih keren.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tetapi dengan fitur yang seadanya saja. Aplikasi ini menjadi rekomendasi paling pertama yang saya berikan kepada kamu. 

2. Adobe PageMaker

Adobe PageMaker memiliki sejumlah tools dasar yang dapat membantu kamu untuk mengedit layout supaya lebih rapi. Tampilan Adobe PageMaker ini lebih sederhana dari beberapa aplikasi adobe lainnya sehingga memungkinkan pemula untuk menggunakannya.

Selain itu, keunggulan Adobe PageMaker adalah dapat membuat publikasi panjang yang berisi gambar, foto, dan objek dengan baik. Aplikasi ini juga biasanya digunakan di dunia percetakan sebab mampu membaca data dengan presisi tinggi.

3. Adobe FrameMaker

Adobe FrameMaker sangat cocok bagi kamu yang berencana untuk bekerja dengan file yang besar dan rumit. Kelebihan lainnya adalah kamu dapat menggunakan pengaturan otomaris untuk footer (keterangan yang berada pada bagian bawah layout). Mayoritas layouter menggunakan aplikasi ini untuk membuat buku non-fiksi dan berbagai dokumen teknis lainnya.

4. BookletCreator

Aplikasi BookletCreator dapat membantu kamu dalam membuat layout buku dari berbagai dokumen. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah kamu dalam menata jenis halaman dan mencetaknya secara langsung. BookletCreator memiliki banyak fitur yang pastinya dapat kamu gunakan dalam membuat desain layout secara cepat dan mudah.

5. PDF Booklet

Aplikasi yang biasanya menjadi bawaan bagi pengguna windows ini juga dapat kamu gunakan untuk membuat layout, loh. Dengan aplikasi ini kamu dapat menambahkan halaman kosong, skala margin, dan mencetak langsung dokumen yang telah selesai dibuat. Namun, hasil desain dari aplikasi PDF Booklet ini akan lebih sederhana daripada hasil layout dengan aplikasi inDesign atau Adobe PageMaker.

6. Affinity Publisher

Affinity Publisher adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu kamu mengolah gambar dan vektor dalam satu aplikasi sekaligus. Aplikasi ini cocok kamu gunakan dalam mendesain buku, majalah, dan koran. Fitur menarik lainnya akan membuat kamu betah mengedit layout buku menggunakan aplikasi ini.

7. Microsoft Word

Microsoft word adalah aplikasi yang membantu kamu dalam mengolah kata. Namun, selain mengolah kata aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk membuat layout buku. Dengan eksistensi microsoft word di masyarakat dan fiturnya yang umum akan mempermudah siapa saja menggunakannya. 

Hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat layout buku di microsoft word adalah mengatur ukuran kertas, menentukan margin sesuai kebutuhan, memperhatikan spasi paragraf, ukuran huruf, dan lainnya.

Nah, sekian informasi yang saya berikan mengenai rekomendasi aplikasi membuat layout buku yang mudah digunakan. Kamu pernah mencoba yang mana?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *