UMKM, Penolong dan Penggerak Perekonomian saat Pandemi Covid-19

UMKM, Penolong dan Penggerak Perekonomian saat Pandemi Covid-19

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian dimana pada pasca krisis perusahaan-perusahaan besar mengalami keruntuhan, namun UMKM mampu bertahan dan menjadi penolong serta penggerak perekonomian. Terutama pada masa pandemi saat ini UMKM mampu menjadi pendongkrak keberlanjutan dalam menjalankan hidup.

Salah satu sektor UMKM yang ada di Desa Kupang Kecamatan Jetis yaitu bernama UD Putra Mandiri yang berdiri sejak tahun 1986. Program Kerja yang dilakukan untuk pengabdian masyarakat Kelompok 45 yaitu salah satunya melakukan sosialisasi secara personal dengan pemilik UD Putra Mandiri yang bernama Bapak Nur Ali.

Usaha ini merupakan usaha keluarga yang dikelola hingga generasi ke-3 saat ini. Program kerja ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapang yang bernama Bapak Helmi Buyung Aulia Safrizal, ST.,SE., M.T selaku dosen dari Program Studi Manajemen.

UMKM, Penolong dan Penggerak Perekonomian saat Pandemi Covid-19

Pada target pasar yang dimiliki oleh Usaha ini yaitu seperti Penjual bunga. Berbagai macam produk yang diproduksi yaitu seperti Sekam Bakar, Pasir Malang, Cocopeat, Kompos dan Pupuk Organik. Kegiatan ini akan memberikan arahan bagaimana cara memasarkan suatu produk yang telah dimiliki. “Kendala yang dihadapi oleh pemilik Usaha yaitu salah satunya masih menggunakan model pemasaran secara konvensional, dan masih belum memakai secara digital” Kata Bapak Nur Ali.

Dalam wawancara juga menjelaskan bagaimana peran strategi pemasaran berbasis teknologi dapat menjadi kekuatan utama mendongkrak penjualan produk-produk UMKM. Pemasaran berbasis teknologi atau pemasaran digital yaitu salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan dan memperkenalkan sebuah merek dagang dengan menggunakan media digital.

Digital marketing dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Dengan adanya program kerja ini, akan dapat memberikan banyak manfaat khususnya pada Usaha Bapak Nur Ali.

Salah satu manfaat yang diberikan yaitu seperti menambah wawasan mengeni pemasasaran digital, dan bagaimana cara memasarkan suatu produk yang dimiliki, di mana dapat meningkatkan efektivitas pemasaran produk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *