Tools Microsoft Word yang Wajib Kamu Kuasai sebagai Penulis

Tools Microsoft Word yang Wajib Kamu Kuasai sebagai Penulis

Tools adalah perangkat atau alat yang berfungsi untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Tools dalam microsoft word merupakan alat-alat yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam proses pembuatan hingga hasil. Semua orang termasuk penulis wajib menguasai berbagai tools yang ada dalam perangkat lunak microsoft word.  

Tools Microsoft Word yang Wajib Kamu Kuasai sebagai Penulis

Bagi sebagian orang yang baru menggunakan microsoft word akan merasa bingung untuk mulai menulis. Oleh karena itu, informasi mengenai tools dan fungsinya perlu diberikan agar masyarakat Indonesia semakin baik dalam menggunakan teknologi. 

Seorang penulis seperti kamu wajib menguasai cara kerja dan berbagai tools di microsoft word. Sebab di era digitalisasi ini microsoft word hadir untuk mempermudah kamu dalam pembuatan naskah. Untuk bisa membuat naskah yang baik dan benar kamu perlu informasi mengenai tools yang akan menemani kamu dalam menulis. Berikut ini beberapa tools yang wajib kamu pahami sebagai penulis. 

  • Menu File

Menu file merupakan salah satu komponen dalam tool bar yang terletak di bagian kiri pojok atas pada layar, Menu file ini berisi beberapa tools, antara lain :

1. Save

Tools ini berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah dibuat dan diperbarui oleh pengguna. Tools ini penting bagi kamu sebab tanpa adanya tools ini maka tulisan yang sudah kamu buat dapat terhapus secara tiba-tiba.

2. Save as

Tools ini memiliki fungsi yang sama dengan fitur save yaitu menyimpan dokumen, tetapi save as lebih condong untuk menyimpan secara terpisah sebuah dokumen tanpa mengubah dokumen word yang sudah ada. 

3. Print

Tools ini berfungsi ketika kamu akan mencetak dokumen word melalui printer. Di sana akan terlihat seperti apa tampilan naskah kamu jika sudah diprint.

4. Browse

Browse berfungsi untuk memilih lokasi penyimpangan ketika kamu akan menyimpan dokumen. Akan lebih baik jika kamu sudah menyiapkan folder tersendiri untuk menyimpan karya. Sehingga saat melakukan browse kamu tidak perlu bingung untuk memilih dokumen tertentu.

5. Account

Merupakan tools yang berfungsi untuk mengetahui status word kamu sudah teraktivasi atau belum. Dalam tools ini juga terdapat keterangan email dan nama pemiliki akun word.

6. Option

Merupakan tools yang berfungsi untuk menampilkan pengaturan lanjutan lainnya dalam microsoft word

  • Menu Home

Menu home merupakan group tools yang terdapat dalam menu bar bagian atas. Menu ini terletak di sebelah kanan menu file. Berikut ini isi yang ada pada menu home. 

1. Clipboard

Bagian ujung kiri menu home terdapat clipboard yang berisi tool copy (berfungsi untuk menyalin teks ataupun gambar), paste (berfungsi untuk menempel teks ataupun gambar yang sudah disalin sebelumnya), dan cut (berfungsi untuk memotong teks ataupun gambar).

2. Font

Bagian font terletak disamping kanan clipboard. Pada bagian ini kamu dapat mengatur jenis font, ukuran font, warna font, dan hal lainnya mengenai font sesuai dengan selera kamu.

3. Paragraph

Di sini kamu dapat mengatur bentuk paragraf, jarak antara baris, warna latar tulisan, penyusunan poin dalam teks, dan lain sebagainya.

4. Styles

Bagi kamu yang tidak suka bentuk tulisan formal dapat menggunakan tools ini untuk memilih bagaimana style tulisanmu. Microsoft word menyediakan berbagai bentuk tulisan seperti untuk tittle, heading 1, heading 2, normal, dan lain sebagainya.

5. Editing

pada bagian ini kamu dapat menggunakan tools editing untuk mempermudah kamu mencari kata-kata dalam teks yang panjang. Selain itu, juga terdapat tools replace yang dapat mengubah beberapa tulisan secara bersamaan.

  • Menu Layout

Pada bagian ini terdapat 3 group tools yaitu page setup, paragraf, dan arrange. Namun, tools terpenting yang wajib kamu kuasai adalah tools yang ada pada page setup. Seperti Margins (berfungsi mengatur ukuran margin kertas), orientation (berfungsi untuk mengatur arah kertas berupa landscape/potrait), size (berfungsi mengatur ukuran kertas, ukuran yang biasanya digunakan adalah A4, dan coloumns (berfungsi untuk mengatur bentuk paragraf pada kertas).

Segitu dulu informasi mengenai tools yang wajib dikuasai penulis yang dapat saya sampaikan, Teruslah berlatih untuk menghasilkan karya hebat. 

semangat.

Tinggalkan Komentar