Tips dan Trik Membuat Naskah Cerita Menarik di Microsoft Word

Tips dan Trik Membuat Naskah Cerita Menarik di Microsoft Word

Naskah adalah sebuah karya yang berisi cerita mengenai khayalan pengarang yang memuat tokoh, latar, alur, dan dialog. Seorang penulis harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang banyak untuk dapat membuat naskah yang menarik. Pembuatan naskah dapat dilakukan secara manual maupun digital. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang yang bergeser dari tulis tangan menuju digital melalui microsoft word.

Tips dan Trik Membuat Naskah Cerita Menarik di Microsoft Word

Dalam membuat naskah kamu perlu memperhatikan beragam aspek supaya naskah yang kamu buat terlihat menarik. Berikut ini tips dan trik yang dapat kamu lakukan supaya dapat membuat naskah cerita yang menarik di microsoft word.

1. Memilih font sesuai kebutuhan

Font adalah gaya penulisan yang dapat kamu gunakan dalam perangkat microsoft word. Untuk memilih font kamu dapat membuka menu home yang ada pada pojok kiri atas layar, kemudian menuju bagian font dan memilihnya. Microsoft word menyediakan ribuan jenis font dan beragam warna font yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera.

Namun, untuk membuat naskah yang menarik kamu perlu mengetahui beberapa font andalan yang biasanya digunakan oleh penulis. Font formal yang biasa dipakai untuk karya tulis ilmiah, penulisan cerpen, dan makalah adalah times new roman, arial, dan calibri. Sedangkan untuk naskah puisi biasanya kamu dapat berkreasi menggunakan font manapun yang kamu inginkan.

Poin selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran font yang digunakan. Dalam penulisan judul harus menggunakan font yang lebih besar (sekitar 14 pt/16 pt) dari pada isi cerita (sekitar 12pt).

2. Menggunakan margin

Margin merupakan garis yang ada pada tepi dokumen microsoft word. Margin ini memiliki fungsi agar tulisan kamu tersusun rapi dan tidak keluar dari batas tepi. Untuk mengatur margin kamu perlu membuka menu layout, kemudian menuju bagian page setup. Setelah itu kamu dapat menekan tools margin dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Margin umum yang biasa digunakan dalam menulis naskah adalah margin normal (semua komponen tepinya 2,5 cm) dan margin costum (tepi atas = 4 cm, tepi bawah = 3 cm, tepi kiri = 4 cm, dan tepi kanan = 3 cm).

3. Menyisipkan gambar dan bentuk pola

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membuat karyamu terlihat menarik adalah dengan menyisipkan gambar atau ilustrasi. Langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara membuka menu insert, kemudian pilih tools pictures. Gambar yang kamu masukan bisa melalui gambar yang sudah tersimpan dalam perangkat ataupun mencari gambar baru dari internet.

Selain menyisipkan gambar, kamu juga bisa menyisipkan bentuk pola. Langkah yang dilakukan sama yaitu melalui menu insert, kemudian memilih tools shapes. Microsoft word sudah menyediakan ribuan bentuk yang dapat kamu pilih sesuai keinginan seperti bentuk hati, lingkaran, kotak, tanda panah, garis, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan page border

Page border adalah tools dalam microsoft word yang membatasi halaman pada sisi atas, bawah, kanan, dan kiri. Langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat page border adalah membuka menu design, kemudian menuju bagian page background. Setelah itu kamu dapat membuka tools page border dan memilih jenis border yang kamu inginkan.

Page border hadir dalam variasi bentuk yang beragam dan warna yang bervariasi. Berupa garis lurus, garis putus-putus, kotak, 3D, berbayang, dan costum (contohnya gambar kartun, makanan, dan lainnya).

Sekian dulu informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tips dan trik membuat naskah cerita menarik di microsoft word. Tertarik mencoba?

Tinggalkan Komentar