Pengertian Booklet, dan Fungsinya di Dunia Pemasaran yang Perlu Kamu Tahu

Pengertian Booklet, dan Fungsinya di Dunia Pemasaran yang Perlu Kamu Tahu

Pengertian booklet, dan fungsinya akan menjadi pembahasan kita kali ini. Khususnya melihatnya dari sudut pandang pemasaran produk atau jasa.

Di mana booklet merupakan salah satu media promosi cetak yang masih memiliki potensi yang tinggi. Terutama untuk menjangkau pelanggan potensial.

Pengertian Booklet, dan Fungsinya di Dunia Pemasaran yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah beberapa hal mulai dari pengertian booklet, dan fungsinya yang perlu kamu ketahui:

Apa itu Booklet?

Pengertian booklet, akan kami bahas terkait dengan arti kata dan juga merujuk kaitannya dengan dunia bisnis khususnya pemasaran.

Dari kata penyusunnya

Dari asal katanya booklet tersusun dari dua kata penyusun yaitu book dan leaflet. Book yang berarti buku dan leaflet bermakna selebaran.

Buku adalah sekumpulan kertas yang dijilid menjadi satu. Leaflet atau selebaran adalah media berbentuk selembar kertas yang berisi gambar dan tulisan.

Dalam bahasa Indonesia booklet sama artinya dengan buklet. Di mana dalam KBBI online, pengertian booklet (buklet) memiliki makna: buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran.

Dari sudut pandang dunia bisnis

Sedangkan dari sisi dunia bisnis, pengertian booklet adalah media informasi yang dipergunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dan bisa pula digunakan untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri. Di mana booklet ini hanya terdiri dari beberapa lembar halaman atau tidak terlalu tebal yang dijilid menjadi seperti buku.

Bisa didefinisikan dengan lebih mendalam lagi bahwa booklet adalah selebaran yang berbentuk buku tipis yang berfokus pada topik tertentu. Di mana buku tersebut memuat atau menampilkan informasi, instruksi suatu produk atau jasa hingga informasi atau profil perusahaan.

Fungsi Booklet

Ada dua fungsi utama booklet di dunia pemasaran, yaitu:

Media informasi

Booklet digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi tentang brand dan perusahaanmu. Dalam proses pembuatannya kamu bisa menampilkan informasi tentang nama produk, jenis, detail spesifikasi, cara penggunaan, dan detail informasi lainnya.

Booklet ini juga termasuk media promosi yang efisien dalam menyampaikan informasi karena ukuran yang kecil. Sebab, walaupun kecil bisa memuat informasi beserta gambar yang tersaji dengan cukup jelas.

Dengan demikian calon pelanggan atau masyarakat yang membacanya akan memahami brand yang sedang kamu promosikan tersebut. Tentunya dengan waktu yang tidak terlalu lama, bahkan bisa dibaca hanya dengan sekali duduk.

Sebagai media promosi

Buklet berfungsi sebagai media promosi yaitu untuk mengenalkan produk atau jasa di bisnis kamu kepada masyarakat. Penggunaan booklet sebagai media promosi ini juga cenderung murah atau terjangkau.

Sebab, biaya untuk mencetaknya pun tidak terlalu mahal karena jumlah halamannya yang sedikit. Kamu pun juga bisa mendesain atau mencetaknya sendiri agar harga lebih terjangkau lagi.

Namun jika kamu menginginkan kualitas yang yang unggul dan booklet yang informatif, maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan booklet. Salah satunya di jasa pembuatan booklet Detak Pustaka yang terjamin kualitas desain dan cetakkannya.

Nah, itulah pengertian booklet dan fungsinya di dunia pemasaran yang perlu kamu tahu. Dari uraian di atas dapat kita lihat walaupun buklet ini tipis, tetapi karena tipisnya itulah menjadi poin plus. Sebab, calon pembeli brand milikmu bisa mendapatkan banyak informasi dengan cepat dalam waktu sekali duduk.

Selain booklet ada lagi media promosi cetak yaitu katalog. Katalog ini juga berisikan informasi produk. Lalu apa yang membedakannya dengan booklet? Untuk bisa mengetahuinya kamu bisa lihat artikel yang membahas perbedaan keduanya di sini.

Tinggalkan Komentar