Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Menulis Novel Genre Thriller Misteri

Menullis Novel Genre Thriller

Sebuah novel umumnya mengandung rangkaian cerita kehidupan yang panjang. Jika diperhatikan dengan detail pada novel terdapat beberapa tokoh yang ditonjolkan dengan sifat dan wataknya. Begitupun ketika menulis novel genre thriller misteri pasti juga membutuhkan berbagai unsur yang harus ditonjolkan.

Menulis Novel Genre Thriller Misteri

Novel genre ini datang dan berkembang di Eropa dan USA. Genre Thriller misteri sebenarnya memilliki beberapa jenis kategori seperti kriminal thriller, psikologi thriller, horror thriller, dan lainnya. Walaupun begitu genre ini tetap memiliki kesamaan pada bentuk narasi cerita.

Cerita dengan genre thriller lebih banyak menghadirkan suasana narasi yang membuat adrenalin terpacu, membuat para pembaca berfikir, hingga plot yang membuat para pembaca terkejut (plot twist). Sementara itu, cerita dengan genre misteri lebih mengajak para pembaca memecahkan suatu teka teki.

Sebelum memutuskan menulis genre ini, setidaknya kamu harus tau hal apa saja yang seharusnya ada dalam bagian cerita novel genre thriller misteri.

1. Menghadirkan Narasi yang Mencekam dan Menakuti

Dalam menulis novel ataupun cerita thriller narasi yang ada seringkali menyisipkan suatu kode atau tanda. Kode tersebut akan membentuk suatu pola cerita misteri, seperti petunjuk dari permasalahan, penyelidikan suatu kasus, dan terakhir penjelasan solusi dari peristiwa.

Pada beberapa aspek cerita bentuk narasi juga memakai rangkaian bahasa yang saling berkaitan dan mengindentifikasi peristiwa-peristiwa. Pada rangkaian bahasa tersebut yang memunculkan sebuah cerita yang membuat para pembaca bergidik, menakutkan, penasaran, hingga narasi yang mencekam.

Akan tetapi pada penulisannya narasi cerita novel genre thriller misteri tetap dibuat sesederhana mungkin ataupun alur yang yang tetap rapi dan semenarik mungkin. Hal tersebut dengan harapan agar para pembaca tidak bingung dan  jalan cerita tidak berantakan karena tema misteri yang cukup mendatangkan pertanyaan di kepala pembaca.

2. Plot yang Membuat Para Pembaca Terkejut (Plot Twist)

Pada genre thriller misteri cerita banyak diambil dari kisah seperti pembunuhan, detektif, konflik tokoh utama dengan suatu tokoh lainnya yang tak terungkap, atau kisah sebuah tempat dengan penuh misteri. Sehingga banyak cerita genre thriller misteri dibuat penulis di akhir ceritanya tak dapat disangka dan tak terpikir oleh para pembaca.

Sebelum akhir cerita yang membawa plot twist, biasanya di awal dan pertengahan cerita membawakan suasana permasalahan dan konflik antar tokoh yang menegangkan. Plot tersebut membuat para pembaca penasaran dengan teka-teki cerita yang dihadirkan oleh penulis.

3. Bercerita Tentang Kehidupan yang Unik dan Penuh Misteri

Walaupun seringkali pada genre thriller misteri ceritanya dibawakan dengan alur yang sedikit rumit, akan tetapi karna kisah tokoh yang misterius dan jalan cerita yang unik dan penuh misteri membuat para pembaca tetap setia membaca ceritanya.

Menulis genre ini harus bisa mengambil sisi cerita yang unik dan mengambil perhatian pembacanya. Kemudian menyuguhkan kisah misteri yang penuh tanda tanya hingga membangkitkan adrenalin para pembaca dan membuat penasaran dan tidak berhenti membaca hingga akhir cerita.

4. Kategori Tema Cerita

Tema genre novel thriller kriminal memiliki cukup banyak peminat di masyarakat Indonesia. Begitupun dengan cerita yang dihadirkan cukup beragam jenisnya.

Menurut asosiasi penulis genre thriller atau yang disebut dengan International Thrillers Writers,  cerita-cerita yang termasuk dalam lingkup genre ini adalah cerita pembunuhan, kriminal, supranatural, detektif, horror, petualangan hingga perang.

Pada umumnya narasi cerita tersebut sama-sama menghadirkan suasana cerita yang mendatangkan adegan mendebarkan dan rasa penasaran.

5. Tokoh dan Watak Cerita

Selain nasrasi, alur, dan plot cerita, genre thriller misteri juga menampilkan tokoh dan wataknya yang dominan. Hal ini dihadirkan untuk mendatangkan karakter tokoh yang kuat pada sebuah konflik yang ada. Tokoh dan karakternya yang kuat menjadi bumbu yang membuat cerita lebih menarik.

Tokoh utama bisa saja menjadi fokus cerita. Antara para tokoh tokoh protagonis maupun antagonis bisa mendatangkan kisah menarik dan terduga dibagian akhir cerita. Seperti kisah protagonis yang akhir ceritanya ternyata adalah seorang antagonis maupun sebaliknya.

6. Detail Lokasi dan Kejadian Cerita

Menulis novel genre thriller misteri juga perlu didukung dengan menghadirkan cerita latar dan tempat secara detail. Bahkan seringkali penulis menyisipkan suatu kode atau tanda pada penceritaan latar tempat dan lokasi kejadian bermula.

Kode tersebut akan membentuk sebuah pola cerita misteri seperti petunjuk, penyelidik, dan penjelasan solusi. Penceritaan latar yang detail membantu pembaca mencapai titik klimaks cerita, cerita akan semakin seru dan menegangkan dan membuat pembaca penasaran akan akhir cerita.

Setiap cerita pada genre ini membutuhkan banyak ilmu serta pengetahuan terkait dunia kriminal, psikologi, hingga horror. Jika ingin menulis genre ini harus rajin-rajin baca referensi kisah-kisah terkait.

Bagaimana tertarik menulis novel thriller misteri versimu? yuk mulai tulis ceritamu dan buat bukumu bersama Detak Pustaka.

Tinggalkan Komentar