Pengen Menulis Artikel Dibayar? Coba Situs Freelancer Ini

Pengen Menulis Artikel Dibayar? Coba Situs Freelancer Ini

Menulis artikel dan mendapatkan bayaran hingga jutaan bisa menjadi solusi bagi kamu yang suka menulis dan sekaligus mendapatkan penghasilan sebagai imbalannya. Nah, ada beberapa website yang bisa menyalurkan minat kamu, terutama sebagai penulis lepas.

Menariknya, Menulis artikel melalui website penulisan artikel online ini biasanya menerapkan aturan yang lebih ringan dibandingkan media konvensional, apalagi semakin tinggi penghasilan yang kamu dapatkan sehingga bisa lebih hemat.

Situs Freelancer Tempat Menulis Artikel

Saat ini cukup banyak media atau situs online yang menerima tulisan dari penulis luar. Dari situs web kecil hingga situs berita dari grup besar. Setiap tulisan yang diterbitkan, penulis akan mendapatkan bayaran yang layak.

Beberapa situs dibawah ini dapat kalian gunakan untuk mendapatkan cuan bahkan jadi penghasil utama. Apa saja situs tersebut, baca artikel berikut sampai selesai.

1. Babe

Situs web pertama tempat kamu menulis artikel dan dibayar adalah Babe. Babe adalah aplikasi portal berita yang menyediakan berbagai artikel mulai dari isu terkini hingga gaya hidup.

Nah, layanan Babe ini membuka peluang untuk menjadi penulis dan menjadi kontributor di aplikasi mereka. Kategori artikel yang Babe buka untuk kontributor adalah politik, hiburan, dan Islam. Jadi, bagi kamu yang merasa jago menulis topik ini.

Biaya jika tulisan kamu berhasil diterbitkan adalah Rp 50 ribu per artikel. Jika tulisan kamu berhasil melewati setidaknya satu artikel per hari, kamu bisa mendapatkan Rp 1,5 juta sebulan.

2. Jalan Tikus

Kamu yang menyukai topik teknologi bisa mencoba cara menjadi penulis atau kontributor di JalanTikus. Bagi yang suka membaca berita teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan website yang satu ini kan?

Di JalanTikus, tulisan kamu akan dibayar Rp. 50.000 setelah diterbitkan. Tidak hanya dibayar, nama kamu juga akan ditampilkan sehingga dikenal sebagai penulis teknologi. Jadi selain menulis artikel dan mendapatkan bayaran, kamu juga bisa menggunakannya sebagai portofolio pribadi sehingga bisa mendapatkan proyek penulisan lainnya.

3. Nulis.co.id

Nulis.co.id adalah website yang menyediakan artikel-artikel tentang kehidupan sehari-hari yang biasanya berisi tips-tips. Website ini juga menyediakan lowongan bagi para penulis yang handal ataupun pemula asal artikel sesuai dengan brief yang diberikan.

Bagi kamu yang suka menulis artikel dengan tips sederhana yang bermanfaat bagi pembaca, disinilah tempatnya. Di Nulis.co.id bisa dibilang tidak sebesar situs-situs yang telah disebutkan. Kamu akan dibayar berdasarkan artikel yang sudah tayang di situs ini.

Nulis.co.id tidak merinci distribusinya dan meski tidak besar, tidak ada salahnya untuk mencoba. Lumayan, ya, sambil menulis artikel tentang topik favorit, kamu juga dibayar

4. UCNews

UCNews adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian kontributor. Ada dua cara menghasilkan uang dari website penulis artikel ini.

Pertama, kalian harus konsisten setiap bulan menulis setidaknya 20 artikel bahkan lebih sesuai brief yang diberikan. Kedua, kamu mendapatkan bagi hasil dari iklan di artikel.

Tidak disebutkan berapa banyak kamu akan membayar untuk menulis artikel di sini, tetapi UCNews mengatakan bahwa seorang penulis lepas dapat memperoleh Rp. 10 juta per bulan.

5. BasaBasi.co

Di website BasaBasi.co, kamu dianjurkan untuk menulis artikel yang lebih mendalam. Syarat menulis artikel di BasaBasi.co memang lebih rumit namun kamu akan dibayar cukup menggiurkan juga.

Kamu yang berhasil mempublikasikan cerpen di website ini akan mendapatkan bayaran Rp. 300 ribu. Puisi akan dibayar Rp. 250 ribu, esai Rp. 300 ribu, resensi buku Rp. 200 ribu, dan barang ringan dibayar Rp. 100 ribu.

6. Vebma

Vebma membuka peluang bagi penulis lepas untuk menjadi kontributor seperti Babe. Beda dengan situs lainnya, di Vebma, kamu tidak hanya menulis artikel dan dibayar untuk diterbitkan, tetapi juga berdasarkan jumlah pembaca yang membaca artikelmu.

Vebma mengenakan biaya Rp 10.000 per artikel. Jika artikel kamu berhasil mendapatkan 1.000 page view, maka kamu akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 1.200. Tampilan halaman adalah jumlah kunjungan atau pembaca pada artikel kamu.

Terlihat sangat sedikit pada awalnya. Namun jika kamu berhasil mendapatkan lebih banyak pembaca, maka tulisan kamu bisa menjadi passive income.

Misalnya, kamu telah menulis 100 artikel dengan sekitar 30.000 tampilan halaman setiap bulan. Kamu bisa mendapatkan Rp 3,6 juta. Itu belum ditambah dengan 100 artikel yang sudah dibayar Rp. 1 juta untuk penerbitan yang berhasil.

7. GetCraft

GetCraft berbeda dari situs web penulisan artikel lainnya. Mirip dengan situs Freelancer.com atau Projects.co.id tetapi GetCraft khusus untuk pembuat konten.

Nah, di website ini kamu bisa mengasah lebih dalam lagi tulisan kamu dan semenarik mungkin untuk dijadikan portofolio.Nanti, kamu dapat memilih proyek yang Kamu mampu atau klien akan menghubungi kamu.

Pastinya kalian bagi para pemula juga akan tergiur dengan hasil menulis tapi dapat uang. Tapi menulis artikel itu tidak sembarangan ada cara dan langkah-langkahnya. Di bawah ini kami juga memberikan cara membuat artikel yang baik dan benar agar menjadi penulis hkamul.

8. Detak Pustaka

Detak Pustaka menyediakan kolom distributor untuk penulis yang ingin menerbitkan tulisannya di website utama Detak Pustaka. Terdapat beberapa kategori yang bisa kamu kirimkan, diantaranya adalah cerpen, puisi, artikel dan opini. Kamu bisa mengirimkan tulisanmu di Detak Pustaka di link kirim tulisan by Detak Pustaka.

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

1. Ketahui niche topik yang Kamu bawa

Diskusi tentang keuangan dan gaya hidup memiliki cara penyampaian yang berbeda. Artikel keuangan umumnya akan menggunakan bahasa yang lebih formal daripada konten yang membahas masalah gaya hidup. Pastikan kamu telah mengidentifikasi niche yang sedang dibahas untuk menentukan metode penyampaian yang tepat.

2. Pilih topik yang ingin Kamu sampaikan

Agar rapi dan terstruktur, pemilihan topik harus menjadi langkah awal bagaimana menulis artikel yang baik dan benar. Mengapa demikian? karena dengan mengetahui topik, penulis dapat menentukan fokus sebuah artikel dengan mudah. Akhirnya pembahasan dalam artikel tertulis tidak akan melenceng terlalu jauh.

3. Lakukan riset cepat dan buat daftar referensi

Artikel dibuat untuk mengedukasi pengguna tentang sesuatu. Tanggung jawab seorang penulis disini cukup besar, karena mau tidak mau seorang penulis harus mampu mengolah informasi dengan benar.

4. Tentukan gagasan utama dan garis besar artikel

Setelah mengumpulkan daftar referensi, penulis dapat menentukan ide pokok apa yang akan dibahas nanti. Outlining atau penulisan ide pokok akan membantu kamu melihat gambaran kasar atau outline artikel yang akan dihasilkan.

Mulailah dengan membuat intro atau pembukaan artikel. Kemudian di dalam konten, kamu bisa menuliskan poin-poin besar apa saja yang akan dibahas nanti. Mudahnya, penentuan isi konten bisa dimulai dengan soal 5W+1H.

Tulis kesimpulan menarik yang sederhana dan mencakup inti dari seluruh pembahasan dalam artikel. Kamu dapat membuat bagian ini dalam bentuk daftar poin demi poin atau sebagai penjelasan paragraf lengkap 3-5 kalimat.

Penutup

Menulis artikel harus juga mengetahui target pembaca dan yang paling penting untuk menentukan gaya bahasa yang digunakan. Terkadang bahasa artikel untuk remaja akan berbeda dengan artikel yang ditujukan untuk orang dewasa.

Tinggalkan Komentar