Mengenal Karakter Mary Sue dan Gary Stu

Mengenal Karakter Mary Sue dan Gary Stu

Bagi sebagian orang, istilah karakter mary sue dan gary stu mungkin belum terlalu sering didengar. Namun jika kamu tertarik dengan dunia menulis, kamu perlu mengenal kedua jenis karakter ini. Kami akan membahasnya untuk kamu hari ini.

Mengenal Karakter Mary Sue dan Gary Stu

Banyak penulis yang membuat karakter yang rupawan dan baik hati supaya bisa menarik perhatian pembaca novel yang tengah ditulisnya. Tetapi, tidak banyak penulis yang sadar kalau karakter yang terlalu sempurna malah akan membuat pembaca merasa sebal. Hal ini bisa berakibat pembaca tidak akan merasa terhubung dengan karakter terlalu sempurna itu.

Mary sue dan Gary stu adalah sebutan untuk karakter yang dibuat terlalu sempurna. Jika kamu penasaran ingin mengetahui tentang jenis karakter terlalu sempurna ini lebih dalam, maka silakan baca tulisan ini hingga akhir.

Pengertian Karakter Mary Sue

Kita akan mulai dari membahas tentang apa pengertian dari karakter mary sue dan gary stu. Secara umum, istilah mary sue merupakan istilah untuk menyebutkan karakter fiksi yang terlalu sempurna hingga tidak realistis.  Istilah mary sue umum dipakai untuk karakter perempuan. Sementara untuk karakter laki-laki, istilah untuk menyebutkannya adalah gary stu.

Biasanya, karakter yang termasuk dalam golongan mary sue dan gary stu akan hadir sebagai karakter yang rupawan secara fisik, kuat, pintar serta memiliki kelakuan yang baik. Sehingga bisa dikatakan kalau karakter mary sue adalah karakter yang memiliki berbagai kelebihan namun tidak memiliki kekurangan.

Beberapa dari karakter mary sue dan gary stu memang ada yang memiliki kisah hidup yang tragis. Tetapi kebanyakan karakter ini akan terlihat sempurna tanpa cela bagi pembaca.

Karakter semacam ini, meskipun terlihat mengagumkan, ternyata bisa mendatangkan pandangan negatif juga bagi penulisnya. Misalnya, pembaca bisa saja menilai penulis malas untuk menciptakan karakter yang unik serta tidak bisa membuat karakter yang dekat dengan pembacanya.

Asal-Usul Sebutan Mary Sue

Kamu mungkin penasaran dengan bagaimana munculnya penyebutan karakter mary sue. Banyak yang mengatakan kalau semua berawal dari sebuah fan fiction dari film Star Trek yang ditulis oleh Paula Smith pada tahun 1973.

Dalam fan fiction tersebut, terdapat seorang tokoh bernama Mary Sue. Karakter itu hadir sebagai sosok yang menawan dan serba bisa, Ia juga bisa membuat banyak karakter lain terpesona padanya. Meskipun awalnya hanya hadir sebagai nama dari sebuah tokoh fiksi, nama Mary Sue ternyata masih dipakai sebagai istilah untuk menyebutkan karakter yang terlalu sempurna hingga saat ini

Dampak Menulis Karakter Mary Sue

Batin kamu mungkin bertanya-tanya apakah ketika menulis sebuah cerita fiksi, seorang penulis tidak boleh membuat karakter yang terlalu sempurna.  Sebenarnya tidak ada larangan yang menyebutkan karakter sempurna tidak boleh hadir dalam suatu kisah fiksi.

Tetapi kamu perlu tahu juga  kalau penggunaan karakter mary sue dan garu stu bisa membawa beberapa dampak pada ceritamu. Contohnya adalah karakter yang kamu tulis tidak terlihat seperti manusia. Sehingga bisa saja pembaca menjadi kehilangan minat untuk membaca ceritamu.

Umumnya, pembaca novel akan tertarik untuk membaca kisah dari tokoh yang berhasil melampaui berbagai tantangan. Jika karakter itu bisa menghadapi segala tantangan dalam hidupnya dengan terlalu mudah, maka pembaca tidak merasa terhubung dan tidak tertarik lagi untuk melanjutkan membaca novel yang kamu tulis.

Itulah informasi tentang karakter mary sue untuk kamu yang tengah belajar menulis novel. Apakah kamu tertantang untuk menuliskan karakter mary sue yang menarik atau justru ingin menghindarinya?

Tinggalkan Komentar