Katalog Produk: Pengertian dan Jenis-jenisnya dalam Dunia Bisnis

Katalog Produk: Pengertian dan Jenis-jenisnya dalam Dunia Bisnis

Katalog produk adalah salah satu jenis media promosi. Media promosi ini memiliki beraneka jenis format. Apa saja jenis formatnya?

Katalog Produk: Pengertian dan Jenis-jenisnya dalam Dunia Bisnis

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis atau format pembuatan katalog. Tidak lupa pula kami akan membahas definisinya. Silakan menyimak uraian lengkapnya berikut ini:

Definisi Katalog Produk

Berikut adalah pengertian katalog produk berdasarkan sudut pandang umum dan sudut pandang dunia bisnis:

Dari sudut pandang yang umum

Katalog produk terdiri dari dua suku kata yaitu katalog dan produk. Kata katalog memiliki makna “daftar”.

Pada KBBI online katalog memiliki makna:

  • carik kartu, daftar, atau buku yang memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan, disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis: kartu — membantu memudahkan orang mencari buku di perpustakaan
  • daftar barang yang dilengkapi dengan nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya
  • daftar yang berisi informasi khusus, seperti nama, panjang, jenis, dan lokasi dari berkas atau ruang penyimpan

Jadi secara umum, kita dapat mengatakan bahwa katalog produk adalah daftar yang membuat informasi tentang suatu produk. Di mana infomasi tersebut penyusunannya dengan cara yang teratur, berurutan atau sesuai dengan urutan alfabet.

Dari sudut pandang dunia bisnis

Lalu bagaimana mendefinisikannya dari sudut pandang dunia bisnis? Katalog adalah media promosi yang berisi daftar barang atau jasa yang diperjualbelikan oleh pemilik bisnis.

Daftar produk atau jasa ini berguna untuk membantu calon pembeli dalam membuat keputusan pembelian. Dan biasanya memuat informasi terkait:

  • Fitur produk
  • Deskripsi
  • Dimensi
  • Harga
  • Berat
  • Ketersediaan
  • Warna
  • Ulasan pelanggan
  • Dan lain sebagainya

Jenis-Jenisnya

Berikut ini adalah uraian macam-macam katalog untuk produk yang bisa kamu gunakan:

Katalog cetak

Dengan menggunakan katalog jenis ini, pelanggan dapat langsung memegangnya. Katalog jenis ini cocok untuk calon pembeli yang tidak terbiasa atau tidak memiliki akses dengan penggunaan ponsel atau komputer.

Katalog jenis cetak ini sekilas mirip dengan booklet karena sama-sama berbentuk buku. Namun, keduanya adalah dua media promosi cetak yang berbeda. Untuk mengetahui dengan detail apa saja perbedaannya, silakan menyimaknya pada artikel ini.

Katalog digital dan online

Katalog jenis ini adalah versi digital dari katalog cetak. Pelanggan dapat mengaksesnya secara online dengan menggunakan ponsel atau komputer.

Dengan menggunakan katalog jenis ini calon pelanggan akan lebih mudah melihat atau mengakses daftar barang. Seperti kemudahan untuk melakukan zoom in (perbesaran) gambar sehingga gambar produk dapat terlihat lebih jelas.

Contoh kemudahan lainnya juga terkait akses menuju barang yang pelanggan cari. Pelanggan atau calon pembeli tidak perlu bersusah payah membuka halaman satu persatu. Namun, cukup dengan menggunakan fitur “pencarian”.

Katalog virtual

Katalog jenis ini dapat menciptakan pengalaman yang lebih interaktif bagi pelanggan sambil tetap menawarkan informasi dan gambar produk secara detail. Mengapa lebih interaktif?

Sebab, katalog jenis ini dapat menampilkan model 3D atau menggunakan teknologi virtual atau augmented reality. Dengan demikian suatu produk dapat divisualkan tanpa harus melihat bentuk fisiknya secara langsung.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa katalog produk adalah suatu daftar dari suatu barang atau jasa lengkap dengan detail informasinya yang diperjualbelikan oleh sebuah bisnis atau perusahaan. Di mana daftar tersebut dapat dimuat dalam bentuk lembaran, buku, format digital, sampai dengan format visual (3D).

Nah, mana nih yang jenis katalog yang lebih kamu sukai dan sesuai dengan produk yang kamu jual? Jika kamu lebih cocok dengan menggunakan katalog cetak dan berniat untuk membuatnya, tetapi kamu tidak memiliki waktu untuk mendesainnya maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan katalog produk.

Salah satu rekomendasinya adalah jasa desain katalog produk dari Detak Pustaka. Dengan tim profesional, Detak Pustaka akan membantu kamu membuat katalog produk yang informatif dan menarik. Untuk detail informasi jasa ini silakan klik di sini.

Tinggalkan Komentar