5 Fungsi Microsoft Word Bantu Hidupmu Lebih Produktif!

Fungsi Microsoft Word

Siapa yang masih belum kenal dan tau microsoft word? di era industri 4.0 semua serba menggunakan teknologi dan perangkat internet. Salah satu perangkat yang sering dipakai dan digunakan baik pelajar maupun pekerja adalah Microsoft Word. Perangkat ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kegiatan agar lebih praktis.

Tak dapat dipungkiri untuk Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi produktif yang paling populer di dunia. Tak tanggung-tanggung kepopuleran produk ini mencapai sekitar ratusan juta pengguna bahkan lebih.

Fitur dan Fungsi Microsoft Word

Selain memiliki fitur-fitur yang bagus dan bermanfaat, penggunaan Microsoft juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan dan mengurangi limbah kertas.

Ketika menulis atau membuat dokumen masih menggunakan manual, seringkali terjadi banyak kesalahan sehingga harus mengganti kertas dan menulisnya kembali. Tapi, jika menggunakan microsoft word untuk dokumen penting akan lebih dapat meminimalisir limbah kertas yang ada.

1. Memudahkan Membuat Layout Surat Menyurat hingga Buku.

Membuat layout berarti membuat suatu gaya pemformatan dalam suatu tulisan, dalam hal ini penulisan akan terlihat lebih rapi dan menarik.

Pada sebuah surat penggunaan Microsoft word sangat membantu bagi keberlangsungan dokumen surat-menyurat yang lebih memudahkan dan tidak membutuhkan kertas lagi.

Selain itu, pembuatan layout buku juga bisa dilakukan di microsoft word. Pembuatan layout buku dengan aplikasi ini juga tak kalah menarik dari pembuatan layout dari aplikasi lainnya dan masih banyak bentuk macam layout yang dapat kamu buat di microsoft word seperti CV ataupun Portofolio.

2. Membuat dan Membuka Dokumen dengan Berbagai Format.

Microsoft memang dikenal memudahkan penggunanya untuk membuat dokumen-dokumen menjadi rapi jika dibandingkan harus membuat dokumen secara manual.

Fungsi fitur microsoft word yang seringkali dibutuhkan orang-orang, dapat membuka dan membaca file dengan jenis yang berbeda seperti html, mhtml, pdf, txt, xml, wpc, doc hingga docx.

Fitur ini akan sangat berguna karena tidak perlu menggunakan banyak aplikasi untuk membuka berbagai dokumen.Banyaknya perbedaan dokumen seringkali dokumen sulit dibuka dan terbaca oleh beberapa PC komputer ataupun telepon genggam.

Bahkan untuk salah satu fitur unggulan dari microsoft word yakni, dapat menghubungkan sebuah dokumen ke layanan microsoft office lain seperti, Microsoft Excel atau Power Point.

3. Membuat Tabel dan Diagram Data.

Tidak hanya microsoft excel, penggunaan tabel juga dapat dilakukan di microsoft excel. Jumlah kolom juga disesuaikan untuk kebutuhanmu.

Selain pembuatan tabel, di microsoft juga tersedia bentuk-bentuk diagram data yang bervariasi. Sehingga diharapkan dapat lebih mudah dalam membuat tabel data secara rapih agar lebih muda dipahami oleh pembaca.

4. Menyisipkan Gambar, Elemen, hingga Karakter Khusus.

Seringkali dalam membuat suatu dokumen atau menulis sesuatu membutuhkan gambar agar dapat memvisualisasikan sebuah tulisan atau membantu memahami dokumen.

Menambahkan elemen atau karakter khusus juga ada dalam fitur microsoft word. Berbagai macam elemen atau karakter khusus tersedia yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan pada tulisanmu. Gambar atau elemen khusus dapat membuat dokumen lebih menarik dan profesional.

5. Meminimalisir Kesalahan Penulisan dengan Auto Correct.

Ketika sedang menulis pastinya setiap orang pernah melakukan kesalahan pada tulisannya, baik itu dalam bentuk dokumen profesional maupun tulisan karya sastranya. Tapi dengan keberadaan fitur auto correct dalam microsoft word dapat sangat membantu meminimalisir kesalahan.

Auto correct sendiri merupakan fitur microsoft yang memiliki fungsi membetulkan kata-kata yang salah dan berubah secara otomatis. Fitur ini sangat membantu bagi para penulis buku mengurangi kesalahan penulisan dalam bukunya.

Bagaimana teman-teman penulis, sudah tau fitur-fitur terbaik di microsoft word? Penggunaan microsoft word yang praktis dan fungsi yang banyak dan bermanfaat, akan memudakan kalian yang banyak berkecimpung dengan literasi dan sastra.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *