Tips Membaca Novel dengan Cepat Bagi Kamu Pejuang Novel

Tips Membaca Novel dengan Cepat Bagi Kamu Pejuang Novel

Langkah cerdas mengenal tips membaca novel dengan cepat khususnya bagi pejuang novel. Pada pembahasan kemarin, kita bersama telah mempelajari pengertian dari novel, jenis, dan ciri-cirinya. Namun perlu kita ingat kembali, novel merupakan sebuah narasi karya sastra yang berbentuk prosa serta memiliki unsur bahasa yang kompleks dan memiliki kapasitas yang panjang akan cerita yang ada. Apabila kamu belum membaca secara lengkap, silakan supaya mengikuti link yang sudah tertera!

Pengertian Novel, Jenis, dan Ciri-cirinya yang Wajib kamu Tahu

Kembali lagi pada topik semula, seorang pembaca novel seringkali mengalami kelelahan maupun pemborosan waktu pada saat membaca sebuah novel. Tak lain karena kuantitas ketebalan novel yang membuat kita larut dan kelamaan dalam membaca novel. Padahal, waktu yang tersisa bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas lain yang tak kalah penting dari sekedar membaca novel. Lantas, bagaimana tips membaca novel dengan cepat?

Tips Membaca Novel dengan Cepat Bagi Kamu Pejuang Novel

Dan berikut ini merupakan ulasannya.

Sesuaikan genre novel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan supaya mengantisipasi kelamaan dalam membaca novel ialah dengan memilih genre sesuai apa yang kamu inginkan. Dengan kamu lebih mengenal genre yang ada, maka kamu mengerti akan spesifikasi novel yang kamu beli tersebut. Manfaatnya, kamu lebih mengenal detail yang ada dan mempunyai gambaramn mengenai alur dari sebuah novel nantinya. Faktanya, pembahasan novel pada setiap genre yang ada tidak terlalu jauh dengan novel yang lain. Oleh karena itu, penting bagi kamu dalam memilih genre dari sebuah novel.

Baca prolog novel

Langkah kedua yaitu dengan membaca dan memahami prolog dari novel yang telah kamu pilih. Dengan kamu membaca prolog yang tersedia, maka kamu bisa mengerti inti dari novel tersebut. Sehingga kamu tiggal mengenal alur dari novel pilihanmu, bukan lain karna prolog dari sebuah novel merupakan kunci dari alur cerita itu sendiri. Supaya kamu lebih cepat dalam menanganinya, pahamilah prolog yang ada terlebih dahulu.

Atur limit bacaan

Limit bacaan merupakan seberapa banyak yang bisa kamu baca pada waktu tertentu. Bilamana kamu sudah mencapai target sesuai dengan apa yang kamu rencanakan, saya sarankan supaya kamu berhenti sejenak dalam membaca novel. Hal tersebut dapat menghemat waktu yang ada, sehingga waktu kamu tidak terbuang sia-sia. Membaca novel dengan lama juga mempengaruhi kesehatan mata, oleh karena itu aturlah limit bacaan yang bisa kamu lakukan.

Pahami tokoh dan karakteristiknya

Langkah terakahir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memahami tokoh dan karakteristik yang terkandung dalam novel yang kamu baca. Mengapa kamu perlu mengenal tokoh dan karakteristiknya? karena penampilan dari permasalahan maupun klimaks sebuah novel, biasanya didominasi oleh tokoh yang ada. Mengenal karakteristik tokoh juga dapat memberikan kamu beberapa kemungkinan dari sebuah alur novel tersebut.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai cara cepat dalam membaca sebuah novel. Bilamana artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna ini kepada sesama teman maupun orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar