Cara Membuat Naskah Podcast Bagi Pemula

Jika kamu sudah memahami istilah podcast, pastinya kamu ingin membuat podcast sendiri kan?Nah, dalam membuat podcast tentunya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Salah satunya yaitu, naskah jika podcast tanpa naskah kamu akan kesulitan untuk menyampaikan secara runtut, agar pendengar setia bisa memahami.

Naskah adalah sebuah kumpulan kalimat yang akan disampaikan pada audio podcast, sama halnya dengan sebuah pertunjukan drama yang juga membutuhkan sebuah naskah. Oh iya, dapat membuat naskah podcast tidak semudah yang kita bayangkan.

Sebelum kita menginjak ke tutorial membuat naskah podcast, kamu harus mengetahui tujuan dari pembuatan naskah podcast. Berikut ini beberapa tujuannya:

  • Untuk memandu podcaster terkait episode yang ada
  • Menghindari kesalahan menyangkut informasi yang¬† tayang
  • Sebagai bukti dokumentasi materi setiap episode-episode yang di tayangkan

Cara Membuat Naskah Podcast Bagi Pemula

Itu tadi beberapa tujuannya, nah selain itu kamu juga harus bisa memnentukan topic yang akan kamu bahas tiap-tiap episodenya. Langsung saja, simak berikut ini cara membuat naskah yang mudah bagi pemula :

  • Bullet Point Script

Cara membaut naskah yang pertama adalah dengan metode bullet point script, pada fas ini kamu hanya akan menuliskan poin-poinnya saja. Metode ini sering ditemui pada podcast yang bergenre santai dan bebas.

  • Kerangka Episode

Metode ini cocok untuk kamu yang biasa melakukan siaran podcast, namun tetap ingin mebuat lebih detail isi podcastnya saja. Tujuan dalam penggunaan metode ini adalah agar tidak ada hal penting yang terlewatkan.

  • Script Kata Per Kata

Metode ini, berbeda dengan kedua metode sebelumnya. Cara membuat naskah ini berisi rangkaian teks yang akan disampaikan pada saat siaran langsung. Jadi naskah ini tersusun secara lengkap sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru saja mulai belajar membuat konten podcast.

Namun, tidak semua orang bisa membuat konten podcast yang menghasilkan audio yang jernih dan menarik. Jika kamu masih merasa kesulitan untuk membuat konsep naskah atau sudah bisa namun bingung bagaimana membuat konten yang menarik, kamu bisa menggunakan layanan jasa yang ada di situs Detak Pustaka.

kamu juga bisa mengunjungi instagramnya di @detakpustaka. saya jamin kamu akan mendapatkan layanan terbaik dan jangan khawatir dengan harga, yang pasti sangat bersahabat tidak merugi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *