Fungsi dan Tujuan Diksi dalam Kalimat serta Ciri-Cirinya

Diksi dalam Kalimat

Diksi merupakan istilah yang sering didengar terutama untuk yang mencintai dunia literasi atau sastra. Diksi dalam sebuah kalimat penggunaanya haruslah tepat dan sesuai agar mudah dipahami oleh pembaca.

Menggunakan kosakata yang berlebihan bisa membuat orang lain kesulitan memahami teks yang ada atau pesan yang ada tak sampai. Selain itu, diksi juga memperindah bahasa yang dituturkan. Diksi meupakan salah satu Ilmu dasar kepenulisan yang wajib kamu pelajari sebelum memulai menulis.

Pengertian Diksi

Diksi adalah pilihan kata yang disematkan atau tulisan dengan kata yang tepat dan selaras untuk menyisipkan pesan atau memberikan makna yang sesuai penulis inginkan. Sebuah diksi dalam kalimat memiliki syarat penggunaan seperti ketepatan, kebenaran, dan kecermatan. 

Penulisan diksi sering ditemui dan dipakai untuk penulisan sebuah karya tulis seperti puisi, novel, pidato, berita, hingga laporan. Seorang penulis yang menyisipkan diksi pada karyanya harus memiliki kemampuan secara tepat membedakan nuansa-nuansa makna sesuai gagasan yang ingin disampaikannya.

Kemampuan menulis diksi juga menyesuaikan kehendak dan situasi dengan nilai yang ada pada kelompok masyarakat, pendengar, atau pembaca.  Pilihan kata yang sesuai mencegah atau menghindari dari penafsiran yang berbeda.

Fungsi dan Tujuan Diksi dalam Kalimat

Pemakaian kata ini diterapkan untuk mencapai suatu tujuan sehingga memberikan beberapa fungsi pada suatu kalimat atau tulisan. Diksi pada kalimat disampaikan harus menggunakan kata yang ringkas sehingga tidak perlu menggunakan kata yang berulang dengan arti yang sama agar lebih mudah dipahami. Berikut beberapa fungsi diksi dalam kalimat.

  1. Membantu pendengar atau pembaca mengerti apa yang ingin disampaikan penulis
  2. Menjadikan suatu lambang atau pengibaratan menjadi ekspresi suatu gagasan atau opini
  3. Menjelaskan suatu kalimat menjadi lebih jelas sehingga maknanya
  4. Memperindah kalimat atau bahasa dalam sebuah karya tulis atau sastra
  5. Menciptakan komunikasi yang terjalin menjadi lebih efektif dan efisien

Sedangkan untuk tujuan diksi pada kalimat adalah untuk memperoleh keindahan guna menambah ekspresi sebuah kata agar lebih jelas dan sempurna serta sesuai maknanya.

Ketepatan pemilihan istilah bertujuan untuk menimbulkan makna yang tidak berlainan tentara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar. Diksi yang sesuai tujuannya agar tidak merusak suasana serta menghaluskan kalimat agar lebih indah.

Ciri-Ciri Diksi dalam Kalimat

Dalam sebuah tulisan atau teks diksi menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah gagasan atau pesan bisa disampaikan sesuai harapan atau tidak.

Memilih diksi yang tepat harus memperhatikan beberapa hal dalam penulisannya dalam kalimat dan paragraf. Seringkali karena memiliki keterbatasan kosakata seorang penulis dan pembicara kesulitan menyampaikan maksudnya. Berikut beberapa ciri-cirinya dalam teks atau tulisan.

  1. Mengikuti konteks kalimat yang diungkapkan sehingga dapat dibaca sekaligus dipahami
  2. Memiliki ketepatan pemilihan kata sehingga dapat mengungkapkan gagasan atau nilai yang disisipkan
  3. Menggunakan kosakata yang dipahami oleh masyarakat sekitar
  4. Diksi yang digunakan menyatu atau selaras dengan konteks yang dipakai sehingga melahirkan sebuah makna yang tepat
  5. Membedakan nuansa makna dengan bentuk yang sesuai mengikuti konteks

Materi di atas sedikit informasi terkait fungsi tujuan dan ciri-cirinya dari diksi pada kalimat. Jika ingin menjadi penulis yang handal sangat penting untuk mempelajari dari unsur penulisan dasar seperti menulis diksi. Tetap semangat menulis teman-teman!

Tinggalkan Komentar