Tips Cari Ide Menulis Murah dan Mudah dengan Cara Ini

Cari Ide Menulis Murah

Menulis adalah sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Akan tetapi masih banyak orang yang kesulitan menemukan ide dan mengubahnya menjadi suatu bentuk karya tulis sastra. Padahal mencari ide menulis dapat dilakukan dengan murah dan murah memanfaatkan barang-barang yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari.

Umumnya setiap penulis memiliki cara tersendiri untuk menemukan dan mencari ide tulisannya masing-masing. Namun bagi penulis pemula pasti akan sedikit kesulitan karena belum memiliki banyak pengalaman, tetapi dengan latihan dan konsisten ide tersebut pasti akan lebih mudah datang dengan sendirinya.

Cari Ide Menulis Murah dan Mudah

Walaupun penulis profesional sekalipun terkadang mencari ide seringkali masih menjadi permasalahan yang tak terhindarkan. Tak jarang pula ketika sudah mendapatkan ide saat menulis tiba-tiba ide tersebut terhenti begitu saja, kasus ini biasanya disebut juga dengan Writer’s Block.

Akan tetapi jika kebingungan akan ide dibiarkan maka tulisan pun tidak akan mulai ditulis ataupun tidak dapat diselesaikan dengan baik. Jadi solusinya adalah mencari ide tersebut dan mengatasinya dengan berbagai sumber referensi.

1. Membaca Buku atau Artikel

Semua orang bahkan penulis pemula sepertinya sangat paham dan mengetahui bahwa membaca buku sangat penting bagi seorang penulis. Membaca buku bagi penulis pemula hingga profesional merupakan kegiatan wajib yang tidak boleh ditinggalkan.

Membaca adalah hal yang dapat membuka jendela pengetahuan sehingga ide-ide akan terbuka dan mengalir juga karena otak yang diisi dengan ilmu pengetahuan baru. 

Semakin banyak bacaan yang dibaca setiap harinya maka semakin banyak perbendaharaan kata yang akan kita miliki. Bisa dimulai dari membaca buku-buku dengan genre-genre yang disukai hingga artikel atau blog-blog di website.

2. Menonton Film bisa dapat Ide

mungkin bagi beberapa orang ada yang lebih menyukai menonton film daripada membaca buku, walaupun manfaat yang didapatkan berbeda tapi menonton juga bisa menjadi salah satu opsi kamu yang ingin mencari ide menulis.

Dari menonton film kamu bisa melihat dan mengembangkan cerita yang kamu inginkan atau dari film yang kamu tonton. Dari film tersebut kamu bisa memodifikasi tokoh atau alur ceritanya menjadi cerita versi terbaikmu tanpa harus menjiplaknya.

3. Berdiskusi dan Berbincang dengan Orang-Orang

Kamu ingin mencari ide dari hasil sudut pandang orang lain? kamu bisa berdiskusi bersama teman-temanmu. Bertanya atau membuka dan meminta opini berdasarkan pemikiran dan diskusi teman-temanmu.

Pada sebuah penelitian pernah disebutkan bahwa berdiskusi juga dapat membuka wawasan dan pengetahuan manusia terhadap suatu hal. Hal ini bisa kamu pakai sebagai salah satu tips dalam mencari ide yang murah dan mudah.

Kamu dapat berdiskusi dan berbincang-bincang dengan temanmu kapanpun dan dimanapun. Bahkan di era industri 4.0 sekarang jarak pun bukan lagi sebuah penghalang untuk tak berbincang dengan teman karena adanya internet dan ponsel pintar.

4. Mengamati Hal-hal sekitar

Walaupun terkesan tak memberikan bantuan namun mengamati sekitar bisa sekali dijadikan opsi untuk menemukan ide-ide tak terduga bahkan unik. Kamu  bisa mulai dari mengamati hal-hal sekitar seperti mengamati kegiatan yang terjadi di rumah, sekolah, hingga di tempat seperti jalanan atau pasar.

Memperhatikan kegiatan atau pekerjaan yang orang lain lakukan akan dapat membantu kamu dalam menemukan ide menulis murah dan mudah. Memperhatikan dan mengamati suatu objek dan menjadikannya sebuah ide juga bisa kamu lakukan. 

Hal ini juga bisa kamu lakukan ketika kamu traveling atau bepergian ke suatu tempat. di tempat asing yang baru berkemungkinan kamu akan dengan mudah mendapatkan ide menulis dan kamu bisa menulis dengan santai sekaligus.

5. Mendengarkan Lagu dan Meresapi Liriknya

Mendengarkan lagu memang kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi santai dan rileks. Saat tubuh dan pikiran menjadi rileks maka ide-ide akan mudah datang dan mengalir begitu saja.

Dari sebuah lagu bisa juga memberikanmu sebuah ide atau inspirasi menulis, lewat liriknya yang seringkali di puitisasi kamu bisa saja dengan mudah jadi terinspirasi setelah benar-benar memahami maksudnya.

Jika kamu tertarik dengan lagu-lagu barat ataupun lagu dari bahasa lain, kamu bisa sekaligus belajar penerjemahan dan memahaminya sekaligus dari lirik tersebut bisa dapat ide menulis.

Mau mencoba semua tips cari ide menulis murah dan mudah di atas? semuanya bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun selagi yang pasti kamu memiliki niat menulis yang kuat. semangat menulis teman-teman!

Tinggalkan Komentar