3 Cara Konversi Excel ke PDF, Cari Tahu Perbedaannya!

3 Cara Konversi Excel ke PDF, Cari Tahu Perbedaannya!

Konversi Excel ke PDF merupakan salah satu langkah praktis yang kerap dipakai oleh kalangan pelajar hingga profesional guna berbagi keperluan yang dibutuhkan. Mengonversi Excel ke PDF bertujuan agar file yang dibagikan tidak mengalami perubahan dalam tampilannya. Sehingga, tidak ada kekhawatiran kesalahan data akibat tidak sengaja mengubahnya.

File Excel yang telah dikonversi menjadi PDF, akan memberi kepastian bahwa format dokumen tetap terjaga dan dapat dibuka dengan mudah oleh siapa pun dan di perangkat apa pun. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan langkah demi langkah proses konversi Excel ke PDF dengan jelas dan mudah dipahami.

3 Cara Konversi Excel ke PDF, Cari Tahu Perbedaannya!

Terdapat beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk mengonversi file Excel ke PDF. Di antaranya yaitu, menggunakan fitur bawaan pada Microsoft Excel, kemudian menggunakan layanan konversi online, dan yang terakhir menggunakan perangkat ketiga. Berikut langkah-langkah dari berbagai metode tersebut:

Menggunakan Fitur Bawaan

Tidak hanya Microsoft word yang memiliki fitur bawaan untuk konversi file, tetapi Microsoft Excel juga menyediakan fitur bawaan. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk mengonversi file menjadi format PDF tanpa perlu menggunakan perangkat lunak tambahan.

Proses ini tidak perlu menggunakan jaringan internet atau offline, sehingga langkah yang diperlukan juga sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka File Excel yang ingin dikonversi.
  2. Pilih Tab “File”. Klik pada tab “File” di bagian kiri atas layar.
  3. Pilih “Simpan Sebagai”. Pilih opsi “Simpan Sebagai” dari menu yang muncul.
  4. Pilih Jenis File PDF.
  5. Atur Pengaturan PDF (Opsional). Jika diperlukan, kamu dapat mengatur pengaturan PDF seperti kualitas gambar dan keamanan.
  6. Klik “Simpan”. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan file Excel sebagai file PDF.

Cara Konversi Online

Konversi file Excel ke format PDF secara online merupakan alternatif yang tidak kalah mudah dan cepat dari fitur bawaan Excel. Terutama jika kamu menginginkan pengalaman baru atau tidak memiliki akses langsung ke Microsoft Excel.

Ada banyak layanan konversi online yang menawarkan kemudahan tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan. Salah satu platform populer yang menyediakan layanan ini adalah SmallPDF. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Situs SmallPDF. Buka browser dan akses situs SmallPDF di [www.smallpdf.com](https://www.smallpdf.com/).
  2. Pilih “Excel to PDF”. Pilih opsi “Excel to PDF” dari beranda SmallPDF.
  3. Unggah File Excel. Klik tombol “Choose file” atau seret dan lepaskan file Excel yang ingin kamu konversi.
  4. Proses Konversi. Tunggu hingga proses konversi selesai. Ini biasanya hanya memerlukan beberapa detik.
  5. Unduh File PDF. Setelah konversi selesai, unduh file PDF hasil konversi.

Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Menggunakan perangkat lunak pihak ketiga mungkin terdengar upaya yang terlalu jauh untuk mengonversi file Excel ke Format PDF. Namun jangan salah, karena perangkat ketiga ini menawarkan fitur tambahan yang mungkin saja tidak ada pada fitur bawaan dari Microsoft Excel itu sendiri.

Salah satu perangkat lunak ketiga yang umum digunakan adalah Adobe Acrobat atau Nitro Pro. Fitur tambahan tersebut adalah, seperti penggabungan dan pemecahan halaman, tampilan pratinjau untuk memeriksa hasil konversi sebelum disimpan. Meskipun ada biaya tambahan, namun solusi yang ditawarkan cukup memusakan.

Berikut langkah sederhana yang bisa kamu coba:

  1. Install dan buka aplikasi.
  2. Pilih opsi konversi Excel ke PDF.
  3. Pilih dan konfigurasi file Excel yang ingin kamu konversi ke PDF.
  4. Lakukan konversi. Ikuti proses konversi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi.
  5. Simpan file PDF. Setelah konversi selesai, simpan file PDF hasil konversi di lokasi yang diinginkan.

Dengan beberapa macam cara konversi Excel ke PDF, mulai dari fitur bawaan di Microsoft Excel hingga layanan konversi online dan perangkat lunak pihak ketiga. Maka mengubah file Excel ke format PDF tidaklah menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan.

Perlu diingat bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan tergantung pada preferensi serta kebutuhan kamu. Metode bawaan di Excel menyediakan solusi yang langsung dan sederhana, sementara layanan konversi online memberikan kenyamanan tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan.

Di sisi lain, perangkat lunak pihak ketiga menawarkan kontrol yang lebih besar dan fitur tambahan untuk kebutuhan konversi yang lebih spesifik. Dengan demikian, apapun metode yang kamu pilih, konversi Excel ke PDF dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar