Begini Cara Mengatasi Writer Block Untuk Penulis Pemula

Begini Cara Mengatasi Writer Block Untuk Penulis Pemula

Cara Mengatasi Writer Block – Apakah kamu suka menulis, mengarang atau bekerja di dunia kepenulisan? Pernahkah kamu merasa bingung dan stres yang tidak diketahui penyebabnya? Mungkin bisa jadi kamu mengalami writer block.

Dengan gejala ini biasanya akan terasa sulit untuk menulis satu kalimat saja, yang dimana biasanya bisa dalam jumlah banyak per satu waktu. Lalu, apakah hal ini bisa dihindari atau bisa diobati? Tenang saja, kali ini kami akan sajikan kepada kamu ulasan cara mengatasi writer block untuk penulis pemula.

Mengenal Istilah Writer Block dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Ada banyak ide di kepala kamu saat ini yang mungkin bisa kamu keluarkan dan sajikan dalam bentuk tulisan, tapi hal itu terhambat karena masalah writer block. Sungguh tidak nyaman karena pada dasarnya yang mengalami, akan merasakan stress berat padahal hanya untuk membuat satu kalimat saja.

Bagaimana Cara Mengatasi Writer Block

Bagi kamu yang menderita writer block, tenanglah. kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi atau mengatasinya:

  • Beristirahatlah dan Lakukan Hal-hal Selain Menulis

Coba luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan otak dari aktivitas menulis. Saat istirahat, kamu bisa sambil melakukan aktivitas menyenangkan atau menghibur lainnya. Misalnya jalan-jalan, makan makanan enak, tidur sebentar (micro sleep), main game, buka media sosial atau lainnya.

  • Membaca Buku

Membaca dapat membantu kamu menemukan ide, menyegarkan otak, dan mengalihkan otak kamu untuk sementara waktu dari berpikir tentang menulis. Dari membaca juga, kamu mungkin menemukan inspirasi, melihat kalimat baru, cerita, atau menemukan kata-kata yang bisa digunakan dalam tulisan kamu.

kamu tidak perlu membaca buku berat, cukup membaca komik, buku cerita, novel, cerita pendek, atau apapun yang kamu suka.

  • Coba Tulis yang Lain

Jika kamu buntu dan tidak tahu apa yang harus ditulis selanjutnya, cobalah menulis sesuatu yang lain. Mungkin menulis artikel dengan topik ringan, cerita, atau proyek lain yang lebih sederhana.

  • Lakukan Free writing

Free writing adalah kegiatan menulis bebas. Artinya, kamu dapat menulis apa saja dengan bebas, kamu tidak perlu mengikuti aturan apapun. kamu bebas menulis apa saja yang terlintas di pikiran kamu tanpa diedit.

Coba beri waktu dan tulis apa saja. Bisa ungkapan perasaan, pikiran kamu, kejadian hari itu, atau apapun. Menulis bebas bisa menjadi latihan menulis yang memungkinkan kamu menemukan kembali alur mood menulis.

  • Tetapkan Tenggat Waktu

Ketika kamu mengalami writer block, kamu biasanya menunda-nunda untuk menyelesaikan tulisan kamu. Karena malas, tidak tahu harus menulis apa lagi atau merasa tulisan kamu belum sempurna.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur sendiri batasan waktu. Pernahkah kamu mendengar istilah kekuatan kepicikan? Biasanya ketika deadline sudah dekat, kita bisa memaksakan diri untuk berkonsentrasi dan biasanya bisa menulis dengan cepat karena deadlinenya sangat ketat.

  • Hindari Hal-hal yang Mengganggu

Salah satu tanda bahwa kamu mengalami writer block adalah sulit berkonsentrasi dan mudah teralihkan. Untuk mengurangi gangguan, kamu dapat mencoba bekerja di lokasi lain yang lebih nyaman atau bekerja saat kamu merasa paling produktif. Ada orang yang lebih suka bekerja di pagi hari (morning person), ada juga yang night owl. Nah, kamu termasuk yang mana?

Penutup

Setelah tahu apa itu writer block, maka kamu bisa menggunakan cara di atas untuk mengatasi writer block. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kamu yang punya masalah yang sama, sekian terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *