10 Aplikasi HP Untuk Penulis Pemula, Wajib Coba!

10 Aplikasi HP Untuk Penulis Pemula, Wajib Coba!

Kini tak akan bingung lagi jika tiba-tiba ingin menulis, tetapi tidak membawa buku catatan. Cukup menggunakan gawai, lalu unduh aplikasi untuk penulis pemula atau sudah pro, yang tersedia sangat banyak di internet. Maka ide-ide yang baru saja muncul, bisa kamu tuangkan langsung dalam tulisanmu. Yuk simak, ada apa saja!

10 Aplikasi HP Untuk Penulis Pemula, Wajib Coba!

Sebagai penulis pemula, yang sedang gemar-gemarnya menulis, aplikasi hp ini tentu sangat berguna.

1. Note HP

Segala macam tipe HP atau gawai pasti memiliki fitur note (catatan). Pada fitur ini bisa menambahkan gambar, corat-coret langsung, check list agenda, dan menambahkan voice note secara langsung. Jika kamu ingin arsip tulisan pada note juga bisa.

2. Google Docs

Aplikasi ini pasti sudah banyak yang tahu, fitur yang hampir mirip dengan Microsoft word. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara offline dan online. Apabila tidak punya aplikasinya, kamu bisa langsung membuka melalui google drive, lalu klik google document. Kamu bisa menuangkan ide di sini dan akan auto koreksi apabila ada kata yang kurang pas.

3. Write.as

Keunggulan aplikasi ini, yaitu kamu dapat mempublikasikan karya tulisanmu di platform tersebut menggunakan nama samaran atau nama tersembunyi (anonymous). Jika menggunakan web, tentu kamu harus login terlebih dahulu, sedangkan jika menggunakan aplikasi, kamu dapat menulis seperti notes biasa dan bisa terdeteksi anonymous. Apabila ada orang yang mengunjungi laman akun write.as milikmu, makan semua tulisanmu akan muncul pada menu post.

4. Medium

Medium ini sebuah aplikasi yang menerbitkan tulisan. Sama halnya dengan WordPress, Blogger, Tumblr, dan weebly. Kegunaan yang hampir sama, yakni kamu dapat menerbitkan tulisanmu dalam bentuk opini, pengalaman hidup, cerita suka dan duka, serta kritikan. Penulis di aplikasi medium akan mendapat bayaran, melalui orang-orang yang berlangganan aplikasi ini.

5. WPS Office

WPS Office suatu aplikasi yang fiturnya sudah terlengkapi writer (sama sepert microsoft word), presentation, spreadsheets. Aplikasi atau software ini bisa kamu download pada perangkat linux, Android OS, iOS, Microsoft Windows. Fitur-fitur yang ada di WPS Office tentu memudahkanmu, karena kamu bisa menulis di gawai saja dengan fitur menyamai microsoft.

6. Canva

Aplikasi lengkap yang bisa kamu unduh pada mac, ios, play store, dan windows. Aplikasi ini bisa untuk desain, membuat slide ppt, mengedit gambar dan video. Pada umumnya jika penulis memilih aplikasi ini untuk menulis idenya, maka penulis bisa juga membuat desain note, atau langsung membuat layout bukunya juga. Hal tersebut tentu akan lebih menarik ketika ingin membuat tulisan panjang maupun pendek ynag sudah terlengkapi dengan desain.

7. Phonto

Aplikasi ini untuk menulis dengan berbagai pilihan font. Biasanya pengguna aplikasi ini untuk membuat tulisan pada suatu desain atau penambahan tulisan pada konten typography.

8. Wattpad

Platform terpopuler ini tentu banyak peminat, apalagi banyak novel-novel yang telah terbit dari penulis wattpad. Pengguna (pemilik akun) dapat menulis, membaca, serta berkomentar pada cerita apa yang sedang dibaca. Terdapat banyak genre, seperti horor, fiksi, humor, dan lain sebagainya.

9. Fizzo

Selain untuk menulis sebagai kreator, kamu juga bisa membaca. Kamu bisa mendapat uang ketika menyelesaikan misi eventnya. Jadi, fizzo novel ini salah satu gunanya untuk membaca novel, serta mendapatkan uang sekaligus.

10. Write

Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa menulis seperti mencoret-coret di layar android, khususnya pengguna buku digital. Kamu bisa mengatur sendiri tingkat ketebalan pena dan warna. Kamu bisa memberikan tanda atau catatan di setiap teks yang kamu buat pada aplikasi write.

Jangan pernah lewatkan ide baru saja muncul, yuk buat ceritamu pada rekomendasi 10 aplikasi penulis pemula di atas, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar