5 Cara Ampuh Mengembangkan Bakat Secara Efektif

pernah lihat orang yang bermain trik sulap ? atau pernah lihat orang bermain piano?. Yah aktifitas itu adalah bakat mereka sejak kecil. Memang setip orang memiliki bakatnya masing-masing. Trus bagaimana cara kita melihat bakat ? gampang saja.

Cari menurut kalian kegiatan yang kalian sukai dan kalian unggul disitu. Jika sudah ketemu kembangkan bakat itu menjadi kegiatan yang bermanfaat, bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi pemasukan.

Lalu ada pertanyaan lagi nih, bagaimana cara mengembangkan bakat ?. oke dari awal memang kita akan membahas bagaimana cara mengembangkan bakat kearah yang lebih serius.

1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah ketahui dengan benar bakat kalian dimana.

Jangan sembarangan memfonis ini itu sebagai bakat kalian. Karena bakat adalah hal yang dimiliki sejak lahir, kalian perlu menggali dan bertanya pada orang tua atau teman dekat kalian. Setelah kalian mengetahui bakat apa dalam diri kalian, bisa lanjut ke cara yang kedua.

2. Mulailah belajar tentang segala yang berkaitan dengan bakat kalian.

Seumpama kalian bakat dimusik. Kalian harus fokus pada beberapa atau hanya satu alat musik agar belajar kalian fokus. Mulailah dari situ dan latih sampai kalian bisa memainkan berbagai alat musik. Terkusus alat musik yang akan kalian kuasai.

3. Carilah mentor sesuai bakat kalian.

Setelah kalian belajar dan menggali ilmu dari apa yang kalia sukai. Selanjutnya kalian perlu memiliki seorang mentor yang akan membimbing kalian. Tanpa seorang mentor sebenernya tak ada masalah. Tapi kalau kalian memiliki mentor kalian akan lebih cepat mengembangkan dan menguasai bakat kalian. Seperti api, jika kalian hanya memiliki minyak tanah dan korek kalian tak akan bisa menyala tanpa ada seorang yang menyalakan.

4. Selanjutya adalah mulailah ikuti kegiatan berkenaan dengan bakat kalian.

Hal ini akan menguji sejauh mana perkembangan bakat kalian. Karena disini kalian akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki bakat yang hampir mirip. Dengan itu kalian akan bisa berbagi tips dan trik bagaimana mengembangkan bakat menurut teman sebakat kalian.

5. Setelah itu kalian coba mengikuti sebuah lomba atau kompetisi yang berkaitan dengan bakat kalian.

Seperti contoh jika bakat kalian adalah bermain sepakbola coba ikut turnamen sepak bola antar ssb atau antar desa, dengan mengikuti acara seperti ini kalian akan mengetahui seberapa pesat perkembangan bakat kalian selama ini. Jika menurut kalian kurang memuaskan kalian bisa belajar dan mengulang cara diatas berulang kali.

Namun jika kalian merasa puas kembangkanlah menjadi yang lebih professional seperti bergabung ke klub sepakbola professional yang mengikuti kompetisi resmi.

Itulah beberapa tips bagaimana mengembangkan bakat. Jika kalian merasa memiliki bakat pada bidang tertentu kalian harus kembangkan dengan serius karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi jika bakat ini menjadi lebih baik.

Siapa tahu bakat kalian akan bermanfaat untuk orang banyak. Banyak kok bimbingan belajar bahkan waktu kalian kuliah pun akan diarahkan ke jurusan yang menurut kalian bakat yang ada dalam diri kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *