4 Langkah Menulis Naskah Drama, Yuk Simak !

4 langkah menulis naskah drama

Berikut ini saya akan membahas tentang langkah –langkah menulis naskah drama. Contoh naskah drama: drama sekolah, teks drama singkat dan lain sebagainya. Nah, sebelum kita membahas langkah-langkahnya, saya akan memaparkan sedikit pengertian tentang naskah drama.

Naskah drama adalah karangan yang berisi cerita, biasanya dalam naskah drama memuat nama tokoh-tokoh dalah cerita, dialog yang diucapkan para tokoh, dan suasanya yang dialami. Biasanya drama di pentaskan dalam acara-acara sekolah atau acara adat suatau daerah tertentu. Supaya drama terlihat menarik maka hal yang paling utama harus diperhatikan adalah naskah drama itu sendiri.

4 Langkah Menulis Naskah Drama, Yuk Simak !

Kenapa naskah drama harus menarik? Agar pesan yang akan kita sampaikan kepada penonton dapat diterima dengan baik. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menyusun naskah drama:

  1. Menentuksn peristiwa yang menarik, yang bisa memberikan kesan yang mendalam
  2. Memilih tema
  3. Memilih judul dan membuat kata pembuka
  4. Membuat kerangka dengan menambahkan konfik
  5. Menyusun jalinan cerita yang mengandung perkenalan tokoh disertai konfilik dan penyelesaian
  6. Menyusun kramagung dan wawancang, kramagung adalah perintah kepada pelaku untuk melakukan sesuatu yang ditulis sebagai petunjuk dalam bermain drama. Sedangkan wawancang ditulis lepas dan mengandung semua perasaan pelakunya.

Nah, selain itu ada yang harus kamu ketahui sebelum menulis , yaitu penjelasan yang terkandung dalam penulisan naskah drama:

  1. Naskah drama ditampilkan dalam bentuk pementasan adegan. Babak terdiri atas beberapa agedan.atau pada saat pergantian pelaku itu berate sudah ganti adegan.
  2. Dialog ditulis dengan diawali tokoh yang berperan.
  3. Petunjuk tindakan tokoh ditandai tanda kurung.
  4. Penulisan keterangan dan petunjuk lakukan dalam pergantian adegan dapat ditulis dalam bentuk paragraf.

Sekian pemaparan yang dapat saya sampaikan semoga dengan ini, dapat membatu dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan bosan-bosan untuk mengunjungi situs kami.

Baca artikel menarik lainnya disini 

Tinggalkan Komentar