4 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Dengan Benar dan Terbukti

Insomnia adalah gangguan sulit tidur yang sering dialami banyak orang. Seringkali gangguan ini sangat mengganggu aktifitas keesokan harinya karena kurang masa istirahat.

Insomnia terjadi karena otak kita terus berfikir dan tak mau diajak istirahat. Hal ini terjadi karena banyak sebab. Antara lain stres, banyaknya dead line, ataupun kekhawatiran terhadap hal tertentu.

Kata pepatah, setiap penyakit selalu ada obatnya. Meskipun secara gamblang ini bukanlah penyakit. Hanya gangguan semata. Ada beberapa cara mengatasi dan mencegah insomnia terjadi lagi. Lalu apakah hal itu?

1. Membaca Buku

Pernah merasa ngantuk waktu membaca buku di kelas? Ya itu adalah reaksi alami tubuh terhadap hal yang membosankan.

Membaca buku menjadi cara terampuh untuk mengatasi insomnia. Dengan membaca buku sebelum sekitar 30 menit sebelum jam tidur akan membantu tubuh kita untuk menghindari insomnia.

Selain menghindari membaca buku sebelum tidur dapat dilakukan untuk yang sudah mengalami insomnia. Jika dilakukan secara rutin lama kelamaan jadwal tidur akan kembali teratur. Di samping manfaat dari membaca itu sendiri.

2. Merileksikan otak

Ada banyak cara yang dilakukan untuk merileksikan otak. Salah satunya mendengarkan lagu.

Lagu dapat membantu otak istirahat sejenak sambil menikmati alunan musik. Selain musik, jalan-jalan sebentar dapat membantu otak tak terlalu tegang.

3. Menghindari gadget

Kenapa? Hampir 60% tingkat stres seseorang dipengaruhi oleh gadget mereka. Mulai dari sebab kantor, kuliah, ataupun berita yang mengganggu.

Semacam tokoh idola yang terkena kasus kriminal dan lainnya. Oleh karena itu taruh gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur.

4. Minum Obat Tidur

Jika cara di atas belum mampu menangani insomnia. Maka yang paling ampuh adalah dengan meminum obat tidur.

Sebagai catatan, obat tidur jangan terlalu sering digunakan. Lebih baik lakukan cara di atas dengan konsisten. Meskipun lama, tapi hasilnya nyata bukan maniipulasi obat.

Tidur adalah waktu yang diberikan tuhan untuk kita merileksasikan otak. Mengeluarkan sisa-sia metabolisme tubuh dan berbagai macam fikiran yang mengakibatkan stres.

Oleh karena itu tidur adalah hal yang sangat penting dilakukan. Demi hari esok yang lebih baik dan tentu dapat mewujudkan impianmu tanpa terkendala penyakit.

Tinggalkan Komentar