Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

 

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentang tips dan cara menulis artikel yang baik. Artikel adalah karangan pendek berkisar 300 sampai 1000 kata yang membahas tema tertentu baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu. Menulis artikel pada dasarnya sama, namun satu hal yang perlu diperhatikan yaitu jenis artikel yag akan ditulis.

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik

Jika kamu sudah tau jenis apa yang akan kamu tulis maka itu akan mempermudah untuk mengembangkan menjadi sebuah karangan. Nah, sebelum saya menuliskan cara menulis artikel yang baik, berikut saya paparkan jenis-jenis artikel:

Artikel Deskripsi

Adalah karangan yang dibuat dengan menitik beratkan pada gambar, jadi pembaca secara otomatis akan dapat membayangkan kejadian yang digambarkan.

Artikel Narasi

Ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau kejadian, artikel Narasi juga bisa disebut dengan artikel cerita. Dalam artikel narasi harus ada ponokohan, seperti dalam cerita pada umumnya.

Artikel Eksposisi

Merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topic tertentu, dapat berupa definisi, fungsi, dan dapat pula berupa prosedur.

Artikel Argumentasi

Artikel ini berupa karangan opini(pendapat pribadi, atau lembaga tertentu) dapat berupa sebuah kritikan yang membangun, atau kebijakan tertentu.

Arikel SEO

Adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti google.

Setelah mengetahui jenis-jenis artikel, berikut ini saya paparkan langkah-langkah cara menulisnya:

  1. Tentukan tema, pilih tema yang spesifik agar banyak yang tertarik
  2. Tetapkan tujuan penulisan baik secara tersirat ataupun tersurat
  3. Tentukan ide pokok atau rumusan masalah terlebih dahulu
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jens artikel
  5. Buatlah kesimpulan yang sesuai dengan artikel yang kamu buat

Dari hasil pemaparan kita dapat menyimpulkan bahwa dalam menulis artikel selain mengikuti langkah-langkah secara umum maka kita harus mengetahui jenis artikel terlebih dahulu. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi seputar artikel. Jangan lupa kunjungi lagi situs ini, kamu juga bisa membaca artikel menarik lainnya di sini.

Tinggalkan Komentar