Mengupas Bagaimana Cara Menulis Bagi Penulis Pemula

Mengupas Bagaimana Cara Menulis Bagi Penulis Pemula

Mengupas bagaimana cara menulis bagi penulis pemula. Dalam menulis terdapat runtutan dimana kamu bisa dengan mudah menciptakan karya tulis yang mampu bersaing dengan para penulis senior. Lalu bagaimana dan apa yang perlu kamu ketahui sebelum menulis?

Mengupas Tuntas Cara Menulis Bagi Penulis Pemula

Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan pada awal menulis khususnya bagi penulis pemula, yaitu:

1. Memilih topik

Pilihlah topik yang kamu kuasai, yang dekat dengan keseharian kamu, misalnya: Hobi traveling, masak, dan lain sebagainya.Kamu juga harus bisa mengembangkan topik yang sudah kamu buat menjadi paragraf yang runtut. Dan cobalah membuat naskah yang mudah terlebih dahulu, agar kamu bisa mudah memahami isi naskah yang kamu buat itu.

2. Membuat Kerangka Tulisan

Juga merupakan hal yang diperlukan dalam proses menulis. Kerangka tulisan, merupakan suatu bagan yang ingin dituliskan. Kamu dituntut untuk memperjelas makna dari naskah yang kamu buat, janganlah membuat naskah yang sulit untuk dipahami oleh pembaca. Dan kerangka tulisan merupakan poin penting dalam hal tersebut.

3. Mencari Referensi Data

Kamu bisa menulis apa yang terlintas di pikiranmu pada saat itu juga. Semakin banyak kamu mengumpulkan referensi, maka kamu juga akan semakin banyak pengalaman. Apabila kamu menulis tanpa mempunyai gambaran naskah terlebih dahulu, seringkali hal itu akan memperlambat proses dalam menulis. Maka, kumpulkanlah referensi sebanyak mungkin.

4. Menuangkan Tulisan

Jika tiga hal di atas sudah terpenuhi, mulailah menulis. Kamu harus berani mencoba, menulis sebuah karya janganlah tergesa-gesa. dan cobalah dari hal kecil, kamu bisa menulis sebuah cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Kamu harus memperhatikan setiap ejaan yang kamu tulis, karena hal itu sangat berpengaruh dalam alur cerita yang kamu buat.

5. Penggunaan Tanda Baca

Perhatikan tanda baca dan hindari pemakaian diksi tanpa tau unsur pembangun,
misalnya: Dalam menulis puisi, kamu jangan terjebak pada keinginan memperindah kosa kata sehingga kehilangan makna dan melupakan tanda baca, tanda hubung, dan penempatan kalimat sesuai KBBI. Karena kalimat-kalimat yang tidak patuh pada aturan Bahasa Indonesia akan mengurangi esensi atau makna tulisan itu sendiri.

6. Mengedit Tulisan

Kamu harus memperhatikan kesempurnaan sebuah teks. Karena kesempurnaan sebuah tulisan juga tergantung dari proses penyempurnaan penyuntingan tulisan. Sangat perlu untuk dicek ulang, karena ketelitian dari sebuah karya tulis merupakan nilai lebih dari tulisan itu sendiri.

Demikianlah cara menulis bagi penulis pemula. Share sesama sahabat dan teman sebaya.
Sekian dan Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *