Tips Membuat Daftar isi di Ms Word Mudah Hanya Lewat HP

Membuat Daftar isi di HP

Ms Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Program ini merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen teks, memformat teks, menambahkan gambar dan tabel, hingga membuat daftar isi.

Tips Membuat Daftar isi di Ms Word Mudah Hanya Lewat HP

Program Ms Word menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat dokumen yang profesional dan terstruktur dengan baik. Selain itu, program ini juga sangat fleksibel digunakan pada berbagai perangkat seperti komputer, laptop, tablet, serta ponsel (HP).

Tersedia juga untuk berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, macOS, dan mobile operating systems seperti iOS dan Android. Pengguna dapat mengunduh dan membeli program ini melalui situs resmi Microsoft atau melalui toko aplikasi yang tersedia di perangkat mobile.

Penggunaan Ms Word dari HP, dimulai dengan mengunduh aplikasi Ms Word dari toko aplikasi ponsel (misalnya Google Play Store atau App Store). Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan masuk dengan akun Microsoft mu untuk membuka atau membuat dokumen baru.

Fungsi Umum yang terdapat pada Ms Word

Dengan aplikasi Ms Word di ponsel, kamu juga dapat melakukan semua hal yang biasa dilakukan di Word di komputer, seperti mengetik, mengedit, dan memformat teks, menambahkan tabel dan gambar, dan lainnya.

Selain itu juga dapat membagikan dokumen yang telah dibuat atau diedit melalui email atau aplikasi lain di ponsel. Berikut fungsi-fungsi umum yang dapat dilakukan di Ms Word.

  • Penempatan teks. Pengguna dapat menempatkan teks pada halaman dokumen dengan mudah, termasuk mengatur paragraf, margin, dan indentasi.
  • Formatting teks. Pengguna dapat mengubah gaya teks, seperti font, ukuran font, warna, dan efek teks.
  • Penambahan gambar dan objek. Pengguna dapat menambahkan gambar atau objek lain ke dalam dokumen, seperti tabel, grafik, atau hyperlink.
  • Membuat footnote dan endnote. Kamu¬†dapat menambahkan footnote (catatan kaki) atau endnote (catatan akhir) ke dokumen.
  • Membuat daftar isi. Kamu dapat membuat daftar isi otomatis yang terlink ke judul di dokumen.

Langkah-langkah Membuat Daftar Isi lewat HP

Pada Ms Word versi mobile banyak fungsi yang dipangkas dan tidak ditampilkan. terkadang lokasi menunya juga berbeda dengan yang ada di komputer maupun laptop.

Maka dari itu, agar lebih memudahkan pengguna Ms Word mobile berikut langkah-langkah dalam mengoperasikan daftar isi agar tetap rapi.

1. Buka aplikasi Ms Word di HP

Setelah aplikasi terbuka pencet icon tombol plus di pojok kanan atas kemudian pilih dokumen kosong.

2. Pencet tombol Insert Text Box

Biasanya fitur ini digunakan untuk keterangan popup tetapi pada hp kita akan menggunakannya untuk struktur utama daftar isi.

Setelah berada pada tampilan word klik tombol panah atas di pojok bawah – klik sisipkan dan cari menu text box atau kotak teks – geser sesuai kebutuhanmu – pilih menu garis luar dan pilih tanpa isian yang bertujuan membuat text box tanpa frame.

3. Ketik dan ubah daftar isi sesuai kebutuhanmu

Tap kotak text box lalu edit teks sesuai kebutuhanmu – tulis judul daftar isi – bisa diubah bentuk posisi dengan kembali klik tombol panah atas di pojok bawah.

Jika ingin mengubah jenis font atau ukuran bisa mengaturnya dengan memblok keseluruhan dan ganti sesuai kebutuhan dan opsi pilihan yang ada.

4. Tambahkan juga isi dari daftar isi

untuk isi pada daftar isi menggunakan keyboard enter – klik tombol atas pada pojok kanan – pilih teks – kembalikan alignment pada rata kiri – kemudian ketikan sub bab – ketikan titik secara manual hingga ke ujung kanan – berikan halaman angka kemudian ketik enter kembali.

Begitulah langkah-langkah yang kurang lebih bisa kamu lakukan untuk membuat daftar isi di ponsel atau HP. Kamu bisa kembali menyesuaikan sesuai kebutuhan dengan memblok teks yang kamu buat dan pilih sesuai opsi.

Selain membuat daftar isi, kamu juga bisa membuat layout untuk buku juga lewat Ms Word tentunya akan sedikit lebih rumit. Apabila membutuhkan Jasa Layout Buku, penerbit Detak Pustaka akan siap membantu kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *