Langkah Cepat Membuat Proposal dengan Baik dan Benar

Langkah Cepat Membuat Proposal dengan Baik dan Benar

Berikut ini merupakan langkah cepat dalam membuat proposal yang baik dan benar. Pada pembahasan kemaren kita telah membahas mengenai jenis dan manfaat sebuah proposal. Namun apabila kamu belum membacanya dengan lengkap, silakan klik link dibawah ini!

Wajib tahu! Jenis dan Manfaat Proposal bagi Publik

Lantas, bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar?

Langkah Cepat Membuat Proposal dengan Baik dan Benar

Dan berikut ini merupakan ulasannya.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, merupakan bagian pengenalan. Jadi kamu sebisa mungkin menguraikan bagaimana latar belakang usaha yang akan kamu dirikan. Kamu juga perlu menuliskan visi dan misi dari usaha yang akan didirikan.

Profil Usaha

Dalam profil badan usaha ini kamu perlu menuliskan jenis usaha, nama perusahaan serta lokasi usaha. Hal tersebut sangat mempengaruhi manfaat maupun tujuan yang dapat dilihat oleh para pembaca. Dengan adanya beberapa profil usaha juga dapat meyakinkan para sponsor yang hendak kamu gunakan dalam aktivitas dalam usahamu.

Struktur Organisasi

Jika usaha yang kamu buat telah memiliki sistem yang baik, kamu bisa menuliskan pemilik usaha, pengelola, marketing, dan lain sebagainya.

Meski sistem manajerial perusahaan mu belum berjalan dengan baik, kamu tetap perlu menuliskannya karena bagaimanapun, calon investor tetap perlu mengetahui siapa pemilik dari perusahaan tersebut atau sistem apa yang dimiliki.

Produk Usaha

Pada bagian ini kamu perlu menuliskan jenis produk, pembuatan produk serta keunggulan dari produk yang kamu miliki. Manfaatnya nya supaya berkas yang kamu miliki mempunyai dukungan maupun alasan yang terpadu. Dengan hal itu, maka kemungkinan kamu akan mempunyai peluang dalam menarik para sponsor.

Target Pemasaran

Dalam sebuah proposal, kamu perlu menuliskan target pasar yang akan kamu buat, seperti daerah mana, umur, dan kelas mana yang menjadi sasaran produk yang kamu produksi.

Promosi

Pada proposal kamu harus menjelaskan mengenai strategi promosi dan pemasaran apa yang akan kamu lakukan untuk menjual produk. Tentu saja promosi yang kamu lakukan nantinya harus bisa digunakan untuk mengembangkan usaha yang kamu jalankan.

Laporan keuangan

Pada bagian laporan keuangan di proposal, perlu menuliskan alokasi dana, perhitungan laba, serta perhitungan bagi hasil yang akan kamu lakukan. Hal ini dilakukan secara realistis karena semua usaha yang dibuat memiliki risiko masing-masing.

Penutupan

Pada bagian penutup, kamu bisa menuliskan kembali hal-hal yang meyakinkan bagi para calon investor. Kamu juga bisa menambahkan doa serta harapan kamu atas proposal yang diajukan, serta tak lupa mengucapkan terima kasih karena calon investor tersebut bersedia membaca proposal yang kamu buat.

Lampiran

Beberapa hal perlu dilampirkan pada saat mengajukan proposal. Hal ini dilakukan untuk mendukung dan meyakinkan proposal yang dibuat. Beberapa dokumen pendukung yang bisa kamu siapkan ialah biodata pemilik usaha, surat izin usaha, surat perjanjian usaha, serta sertifikat usaha.

 

Demikianlah artikel mengenai langkah lengkap dalam membuat proposal. Namun, apabila artikel ini bermanfaat, silakan supaya membagikan informasi yang berguna kepada orang lain.

Dari saya, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *