6 Cara Ampuh Mengatasi Writer’s Block untuk Penulis Pemula Maupun Profesional

6 Cara Ampuh Mengatasi Writer's Block untuk Penulis Pemula Maupun Profesional

Cara mengatasi writer’s block penting untuk diketahui oleh setiap penulis. Writer’s block bagaikan momok yang menakutkan.

Bagaimana tidak, tulisan yang seharusnya selesai tapi justru stuck di situ saja. Writer’s block dapat membuat frustrasi baik bagi penulis pemula maupun profesional.

6 Cara Ampuh Mengatasi Writer’s Block untuk Penulis Pemula Maupun Profesional

Baik pemula ataupun profesional pasti pernah merasakan. Lalu bagaimana sih cara ampuh untuk mengatasinya? Berikut adalah enam uraian cara ampuh mengatasi writer’s block.

1. Tenangkan dan dinginkan pikiran

Writer’s block bisa saja terjadi karena kita terlalu tegang. Tegang karena diterjang deadline misalnya.

Untuk itu cara yang bisa kamu lakukan bila kepala sudah pening dan bingung akan menulis apa, tenangkan pikiranmu. Ambil jeda sebentar.

Semisal pergi ke taman atau sekedar beli camilan ringan di abang-abang. Intinya rilekskan terlebih dahulu pikiranmu. Setelah pikiranmu tenang kembalilah ke meja tulismu, dan lanjutkan prosesmu menulis.

2. Buat rencana atau outline tulisan

Outline tulisan akan membantu kamu dalam fokus dan menjadi terorganisir. Kamu tahu akan menulis apa setelah bagian pertama selesai dengan adanya outline. Dengan terorganisirnya tulisanmu juga dapat membantu tulisan tetap dalam jalur yang benar.

3. Menulislah dahulu dan edit jika telah rampung

Tuliskanlah semuanya jangan mengedit berbarengan dengan proses menulis. Jika kamu menulis sambil mengedit kamu akan cenderung “menghakimi” hasil tulisanmu.

Iya kalo penghakiman tersebut mengarah pada hal yang baik, bagaimana jika justru membuatmu rendah diri. Kamu berpikir tulisanmu sangat jelek, dan akhirnya kamu malas melanjutkannya lagi.

Jadi lebih baik tulislah terlebih dahulu dan edit setelah selesai. Lupakan terlebih dahulu kesalahan yang mungkin muncul, seperti kesalahan penggunaan tata bahasa dan lain sebagainya.

4. Lakukan riset

Kadang-kadang, ketidakpastian atau kebingungan tentang topik yang sedang ditulis dapat menyebabkan writer’s block. Melakukan riset lebih lanjut pada topik tersebut dapat membantu memberikan ide dan inspirasi baru. Riset tidak hanya untuk menulis tulisan non fiksi, menulis fiksi seperti novel pun tetap memerlukan riset.

Prosesmu menulis pun akan kembali lancar, sebab kamu tahu akan menulis apa. Kelanjutan seperti apa yang akan kamu lakukan di tulisanmu. Jadi jangan ragu untuk memperbanyak riset, yaa!

5. Hadapi rasa takut

Writer’s block bisa saja muncul karena perasaan takut. Takut tulisan yang dihasilkan jelek dan tidak bermutu. Takut terjadi kesalahan pemilihan diksi, tata bahasa, dan lain sebagainya.

Kamu perlu menangkisnya dan jika perlu kamu hadapi rasa takut tersebut. Yakinkan pada dirimu bahwa rasa takut itu hanya ada di dalam pikiran. Kenyataannya kamu dan tulisanmu tidaklah seburuk apa yang kamu pikirkan. Jadi hadapi rasa takut tersebut dan mulailah untuk menulis kembali.

6. Membuat jadwal menulis

Jadwal atau agenda harian khusus untuk menulis akan menjadikanmu lebih terstruktur dan terorganisir. Kebiasaan atau rutinitas yang kamu lakukan khusus untuk menulis akan membuatmu terbiasa.

Apakah itu terkait dengan waktu tertentu atau jumlah kata tertentu, memiliki rutinitas atau jadwal menulis dapat membantu kamu tetap fokus dan termotivasi. Dan otakmu pun akan terbiasa untuk melakukan proses kreatif seputar menulis di jam yang sudah kamu jadwalkan tersebut.

Nah itu dia enam cara mengatasi writer’s block yang bisa kamu coba. Perlu kamu tahu bahwa writer’s block adalah hal wajar yang bisa terjadi pada seorang penulis.

Jadi jika kamu mengalaminya jangan menghakimi diri dan merasa rendah diri. Kamu hanya perlu bersabar, mengambil jeda, dan segera lanjutkan prosesmu menulis lagi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *