6 Tips Menulis Bab Pertama Novel di Wattpad yang Memikat

6 Tips Menulis Bab Pertama Novel di Wattpad yang Memikat

Menulis bab pertama novel di Wattpad perlu mendapatkan perhatian lebih, agar pembaca terkesima dengan cerita yang kamu tulis. Sehingga mereka berpeluang untuk setia menanti atau membaca bab novelmu berikutnya.

6 Tips Menulis Bab Pertama Novel di Wattpad yang Memikat

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menulis bab pertama novel yang kamu tulis di Wattpad. Silakan menyimak uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Jangan Membuat Pembaca Kecewa

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan jika hendak menulis bab pertama novel di Wattpad-mu ialah jangan membuat pembaca kecewa dengan disclaimer yang tidak diperlukan. Seperti mengatakan bahwa tulisanmu masih ala kadarnya dan sebagai tempat halu saja. Hal tersebut tidak menunjukkan jiwa profesionalitasmu sebagai penulis.

Mungkin niatmu baik agar pembaca tidak berekspetasi terlalu tinggi. Namun, hal tersebut untuk sebagian pembaca membuatnya enggan untuk melanjutkan paragraf berikutnya dan akhirnya keluar dari novel yang kamu tulis tersebut.

2. Pastikan Tujuan Protagonis telah Terlihat

Tips menulis bab pertama novel di Wattpad yang kedua adalah memastikan bahwa tujuan si protagonis telah terlihat dan pembaca bisa memahaminya. Pastikan ketika menunjukkan tujuan si protagonis tidak secara eksplisit melainkan rangkailah menjadi narasi cerita yang memikat. Tunjukkan kreativitas, dan kemampuan kamu dalam memilih dan menggunakan diksinya dengan tepat.

3. Hindari Narasi yang Bertele-tele

Ketika menyusun narasi cerita hindari narasi yang bertele-tele. Terutama di bab pertamanya, sebab akan meninggalkan kesan yang buruk untuk pembaca novelmu di Wattpad.

Kita memang perlu menarasikan cerita kita dengan diksi yang memikat dan sedikit puitis. Akan tetapi kamu juga harus tahu tempatnya, jangan setiap paragraf kamu buatkan narasi yang terlalu bertele-tele dengan kata-kata yang mendayu-dayu.

4. Mulai Munculkan Konflik

Pada bab pertama selain tujuan sudah harus diketahui oleh pembaca, konflik pun juga demikian. Namun, perlu kamu catat juga, walaupun konflik sudah harus muncul di bab bukan berarti ini keseluruhan konflik sudah harus dimunculkan.

Cukup dikeluarkan secara bertahap tidak harus di bab satu semua. Konflik ini pemicunya banyak, bisa konflik internal maupun eksternal.

Konflik internal melibatkan kondisi batin tokoh utamanya. Sedangkan konflik eksternal ini berupa unsur antagonis dalam cerita. Unsur antagonis ini bisa berupa keadaan yang menghalangi hidup protagonis maupun dari karakter tokoh tertentu yang menghalangi si protagonis.

5. Gunakan Cliffhanger

Cliffhanger atau sederhana ialah ending yang menggantung dan penuh tanda tanya. Tujuan utama dari teknik menulis ini adalah untuk memancing rasa ingin tahu pembaca. Sehingga jika kamu meletakkan di akhir bab pertama novel Wattpad-mu maka akan memperbesar peluang pembaca untuk melanjutkan atau menanti bab keduanya.

6. Ajak Pembaca Berinteraksi

Berinteraksi dengan pembaca dengan lebih mudah adalah salah satu kelebihan menulis novel di Wattpad. Pembaca bisa melakukan penilaian atau komentar-komentar tertentu di setiap bagian teks yang sudah kamu terbitkan di Wattpad.

Nah, pada bab pertama ini khususnya di bagian akhir kamu bisa menyisipkan pertanyaan yang menggugah hati pembaca. Misalnya bertanya dengan pembaca terkait dengan nasib selanjutnya si protagonis. Atau diskusi singkat terkait dengan bab pertamamu tersebut.

Nah, itulah enam tips untuk menulis bab pertama novel di Wattpad. Selain tips di atas ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu lakukan di antaranya yaitu pastikan kamu sudah menentukan nada kamu dalam bercerita. Jangan lupa juga untuk konsisten dalam menggunakan sudut pandang ketika kamu menarasikan ceritamu tersebut.

Tinggalkan Komentar