5 Tips Cepat dan Mudah dalam Menguasai Materi Unsur Kimia

Kamu Wajib Tahu! 5 Cara Cepat Menghafal Unsur Kimia

5 Tips cepat dan mudah dalam menguasai materi unsur kimia. Perlu kamu ketahui, bahwa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dibagi menjadi 3, yaitu biologi, fisika , dan kimia. Mata pelajaran kimia sendiri berlaku mulai dari jenjang SMA/SMK sampai fakultas sekalipun. Kamu merasa kesulitan dalam menguasai materi unsur kimia?, disini saya akan memberikan beberapa tips mudah dalam menguasai materi unsur kimia tersebut.

 5 Tips Cepat dan Mudah dalam Menguasai Materi Unsur Kimia

1. Cari Daftar atau Tabel Unsur-unsur Kimia

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari daftar maupun tabel unsur kimia, kamu bisa mencarinya diperpustakaan maupun dengan kolom pencarian pada google. Karena banyaknya informasi mengenai daftar atau tabel unsur kimia, saya sarankan supaya kamu teliti dalam mengumpulkan informasi tersebut. Pilihlah informasi yang detail dan lengkap supaya kamu mudah dalam mempelajarinya.

2. Salin Ulang Nama Unsur dengan Menulis dibuku

Mencatat segala sesuatu yang kamu temukan baik informasi maupun materi sekolah, ternyata dapat mempermudah kamu dalam menguasainya. Kamu dapat mempraktekkannya dalam mempelajari unsur kimia. Dengan melakukan kegiatan menulis maka apabila kamu lupa, kamu bisa membuka  kembali catatan tersebut dikemudian hari. Cara yang satu ini ternyata juga terbukti efektif dalam menguasai materi unsur kimia.

3. Baca dan Pahami Materi Unsur Kimia

Kamu sudah mencari dan mencatat ulang daftar unsur kimia?, merupakan langkah pertama yang baik dan benar. Untuk langkah selanjutnya adalah dengan membaca, ternyata membaca merupakan satu-satunya cara supaya otak dapat mengingat perihal yang kamu lakukan, alangkah baiknya apabila kamu membaca materi yang belum kamu kuasai secara nyaman. Saya juga akan memberikan trik yang memungkinkan kamu dapat membaca secara nyaman, yaitu:

  1. Menyesuaikan waktu yang tepat.
    Setiap siswa pasti mempunyai waktu dimana otak dapat dengan mudah menyerap informasi, biasanya waktu untuk membaca yang paling tepat yaitu setelah bangun tidur. Dikarenakan otak kamu masih terasa segar dan siap dalam menerima informasi yang banyak sekalipun.
  2. Hindari tempat keramaian.
    Kebisingan dapat mengganggu konsentrasi kinerja otak kamu dalam menerima dan menyimpan informasi. Hindari tempat yang ramai dan carilah tempat yang hening supaya mempermudah kamu dalam membaca serta mengingat materi yang kamu baca.
  3. Membaca sembari melakukan aktivitas yang memacu semangat.
    Memang tak banyak orang yang bisa melakukan kegiatan ini. Faktanya, hanya 2 dari 10 siswa yang dapat melakukan 2 pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Kamu membaca sembari mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan kinerja otak.

Apabila kamu tertarik dengan trik tersebut, cobalah untuk melakukannya. Siapa tahu kamu akan semakin mahir dalam menguasai materi unsur kimia.

4. Mengingat setiap Unsur dalam Tabel

Menulis daftar unsur dalam bentuk tabel juga merupakan cara mudah dalam menguasai dan memahami materi unsur kimia. Dengan kamu menuliskan setiap simbol unsur kimia maka kamu dapat mengerti letak dan unsur kimia apa yang kamu tuliskan. Dengan hal tersebut, kamu dapat secara mudah menguasai materi unsur kimia.

5. Mengerjakan Latihan Soal secara Rutin

Tips yang terakhir yaitu dengan mengerjakan soal, mengerjakan soal yang bersangkutan mengenai materi unsur kimia ternyata dapat meningkatkan skill, pemahaman, dan penguasaanmu pada materi yang satu ini. Mendapatkan soal referensi serta jawaban secara spontan dapat menambahkan pengetahuan, dan carilah gudang soal pada buku maupun internet sekalipun.

Demikianlah artikel yang saya buat. Bagikan kepada teman kuliah maupun teman kelas kamu. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *