Imunitas Menurun? Empat Tanaman Herbal Ini Akan Meningkatkan Imunitasmu dengan Efektif

Imunitas Menurun? Empat Tanaman Herbal Ini Akan Meningkatkan Imunitasmu dengan Efektif

Di Indonesia, eksistensi tanaman herbal telah diakui oleh masyarakatnya sejak zaman dahulu. Kepercayaan akan khasiat tanaman herbal ini terus diturunkan kepada penerus bangsa sejak zaman nenek moyang terdahulu. Dalam meningkatkan sistem imun, tanaman herbal sering dikonsumsi dalam bentuk jamu, teh, dan juga obat tradisional oleh masyarakat.

Meski peradaban telah berevolusi ke arah yang lebih modern dan serba maju, tanaman herbal masih menunjukkan eksistensinya. Bahkan, tak jarang para perintis kemodernan ini justru melakukan kolaborasi agar dapat memaksimalkan khasiat tanaman herbal. Dengan adanya kemajuan teknologi pula, tanaman herbal mendapatkan perlakuan khusus sehingga dapat sampai di tangan masyarakat dengan lebih cepat, mudah, dan efisien tanpa mengurangi khasiatnya.

Imunitas Menurun? Empat Tanaman Herbal Ini Akan Meningkatkan Imunitasmu dengan Efektif

Di tengah masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh menjadi sebuah keharusan. Hal ini dilakukan demi mengurangi risiko terpapar oleh virus ini. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal yang terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Kunyit

Siapa yang tidak tahu tanaman berwarna kuning hingga oranye ini? Kunyit telah menjadi sahabat masyarakat Indonesia, terutama untuk memasak makanan dengan cita rasa Nusantara. Selain meningkatkan rasa masakan, kunyit juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, lho.

Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa aktif bernama kurkumin yang memberikan warna kuning alami serta sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan sistem penyerapan tubuh kita. Kurkumin juga bermanfaat sebagai anitinflamasi dan juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas, sehingga tubuh kita tidak akan mudah diserang berbagai penyakit.

2. Meniran

Selanjutnya, ada meniran yang memiliki nama ilmiah phyllanthus niruri. Tidak hanya di Indonesia, meniran juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit di berbagai negara. Hal ini karena senyawa yang terkandung di dalam meniran ini sangat baik untuk tubuh.

Di dalam meniran, terdapat senyawa kimia phyllanthin dan tannin. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetes, dan antikanker. Tanaman ini tentunya juga ampuh digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Daun Kelor

Siapa, nih, yang sering mendengar istilah dunia tak selebar daun kelor? Kalian tahu enggak, sih, kalau daun kelor termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Hal ini karena di dalam daun kelor terdapat banyak senyawa dan nutrisi penting yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan juga mencegah infeksi.

Di dalam daun kelor, terdapat senyawa flavonoid, anthraquinon, dan juga kandungan vitamin C yang jumlahnya tujuhkali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Jadi, sudah pasti, dong, kalau daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia.

4. Jahe

Selanjutnya adalah jahe. Siapa, sih, yang tidak tahu tanaman herbal yang satu ini? Jahe juga sering digunakan sebagai bumbu masakan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, jahe juga dijadikan bahan baku untuk minuman penghangat tubuh, contohnya adalah wedang jahe.

Jahe juga merupakan tanaman herbal yang banyak dicari ketika seseorang mengalami masuk angin, karena jahe seringkali dipercaya dapat meredakan batuk maupun pilek yang dialami oleh seseorang saat masuk angin.

Di dalam jahe terdapat kandungan senyawa gingerol dan shogaol yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kedua senyawa ini dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan juga menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri dan virus. Dan, pastinya,  jahe juga dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita.

Selain mengonsumsi tanaman herbal di atas, kita juga dapat meningkatkan sistem imun dengan olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat. Tanaman herbal di atas dapat kalian temukan dengan mudah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian dapat mengonsumsinya dengan menambahkannya ke dalam makanan yang akan kalian makan atau dengan cara lainnya seperti dibuat menjadi jamu. Selain itu, herbal ini juga dapat diperoleh dengan membelinya di apotek terdekat dalam bentuk suplemen yang beredar luas di masyarakat.

Oleh: Neng Erlin Marlindha

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *