3 Novel Terkenal Karya Enid Blyton, Mana Favorit Kamu?

3 Novel Terkenal Karya Enid Blyton, Mana Favorit Kamu?

Enid Blyton merupakan seorang penulis novel asal Inggris yang banyak melahirkan cerita anak terkenal hingga ke berbagai belahan dunia. Beliau lahir pada tanggal 11 Agustus 1897 dan wafat pada 28 November 1968. Semasa hidupnya, Enid Blyton telah melahirkan kurang lebih 10.000 karya dan telah diterjemahkan ke dalam kurang lebih 90 bahasa.

3 Novel Terkenal Karya Enid Blyton, Mana Favorit Kamu?

Kamu pun mungkin sudah pernah melihat atau mungkin juga membaca karya beliau. Berikut ini adalah 3 novel terkenal karya Enid Blyton.

1. Lima Sekawan

Bisa dibilang, Lima Sekawan atau dalam judul aslinya disebut The Famous Five adalah karya dari Enid Blyton yang paling terkenal.

Sesuai judulnya, buku ini menceritakan kisah tentang 5 tokoh utama yang terdiri dari 3 bersaudara Julian, Dick, Anne bersama dengan George, sepupu mereka yang tomboi serta Timmy, anjing peliharaan milik George.

Dalam setiap buku, kelimanya akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat kemudian bertemu dengan teman baru yang akhirnya berpetualang bersama mereka.

Selain dalam bentuk novel, cerita Lima Sekawan juga hadir dalam bentuk sandiwara panggung, film bioskop hingga novel lanjutan yang ditulis oleh Clauide Voilier, seorang penulis asal Perancis.

2. St. Clare

St. Clare merupakan cerita Enid Blyton yang diterbitkan pada tahun 1941. Pada karya yang satu ini, beliau menyajikan kisah tentang kehidupan sekolah asrama wanita. Kisah di buku ini dimulai ketika tokoh utama yang merupakan anak kembar yaitu Patricia dan Isabel O’Sullivan masuk ke sekolah bernama St. Clare.

Kamu bisa ikut membayangkan situasi ketika si kembar menghadapi bagaimana sulitnya masa ujian, serunya pertandingan olahraga, keseruan pesta tengah malam sampai perasaan tegang yang muncul ketika terjadi masalah di sekolah.

Selain tokoh utama, buku ini juga menghadirkan banyak karakter unik yang tidak hanya terdiri dari murid tetapi juga guru di sekolah tersebut.

St. Clare juga telah memiliki beberapa versi adaptasi seperti drama audio dalam bahasa Jerman serta serial anime atau animasi Jepang.

Enid Blyton menulis 6 buah novel serial St. Clare selama tahun 1941 hingga 1945. Terdapat juga 3 buah buku lanjutan yang ditulis oleh Pamela Cox.

3. Malory Towers

Karya Enid Blyton selanjutnya yang terkenal adalah Malory Towers. Malory Towers terbit pertama kali pada tahun 1946 dan berjalan sampai tahun 1951. Novel serial yang satu ini sekilas akan terlihat mirip dengan St,Clare karena sama-sama menceritakan tentang sekolah asrama perempuan.

Perbedaanya adalah tokoh utamanya bukanlah anak kembar melainkan seorang gadis berusia 12 tahun bernama Darrel Rivers. Kamu akan mengikuti kegiatan sehari-hari Darrel di Malory Towers serta mengenal teman-temannya yang memiliki berbagai macam karakter unik.

Kamu bisa menemukan 6 buah buku original yang ditulis oleh Enid Blyton untuk kisah Malory Towers. Dimulai dari menceritakan bagaimana Darrel masuk ke Malory Towers dan mengenal teman-temannya sampai bagaimana Ia menjalani semester terakhirnya di sekolah tersebut.

Seperti serial St. Clare, hadir juga novel seri lanjutan dari Malory Towers yang juga ditulis oleh Pamela Cox. Novel seri lanjutan tersebut juga memiliki enam buah seri dengan tokoh utama yang berbeda karena Darrel diceritakan telah lulus dari Malory Tower.

Itulah dia 3 karya terkenal dari Enid Blyton yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat terutama yang merupakan penggemar novel. Dari ketiga novel tersebut, manakah yang jadi favorit kamu?

Tinggalkan Komentar