Minimalist Wardrobe: Tips Membeli Pakaian Ala Orang Minimalis

Satu bulan ini aku tertarik dengan konsep hidup minimalis. Entah kenapa, tapi rasanya memang perlu untuk saat ini. Apalagi dengan gaya hidup yang semakin lama semakin mahal. Tentu, konsep minimalis sangat perlu diterapkan. Beberapa hari lalu aku sempat menonton video tentang wardrobe minimalist di salah satu channel Youtube. Aku lupa namanya, yang ku ingat berjudul “My Minimalist Wardrobe”. Dari video itu aku bisa menyimpulkan beberapa hal. Salah satunya adalah tips membeli pakaian ala orang minimalis.

Sesuai prinsip minimalis, baju yang banyak sudah menyalahi kodrat konsepnya. Seperti artikelku sebelumnya, pengertian minimalis adalah membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya kita membeli barang yang memang akan kita gunakan. Bukan hanya ingin memilikinya saja. Termasuk pakaian. Aku sendiri bukan orang yang suka shopping, baju di lemari bisa dihitung dengan jari. Namun, masih belum tertata seperti konsep minimalis. Dari video yang aku jabarkan diatas, aku memperoleh beberapa serapan ilmu yang akan ku bagikan dalam artikel ini. Ada beberapa nilai yang perlu ditanamkan dalam orang yang berusaha menjadi minimalis.

Inilah beberapa tips membeli pakaian ala orang minimalis:

Artikel ini juga berlaku untuk kamu yang sedang mendalami atau masih tahap research tentang konsep hidup minimalis.

1. Beli kaos minimal 4, lebih bagus kalau satu lusin berbeda warna

Orang minimalis cenderung suka yang simple namun tetap enak dipakai. Kriteria yang seperti itu ada pada kaos. Yang aku rekomendasikan adalah kaos berbahan baik, entah itu bergambar atau polos. Untuk aku pribadi lebih suka yang polos. Entah kenapa, suka aja. Semakin banyak cadangan kaos yang kamu miliki, maka semakin simple pula kamu menggunakannya.

2. Belilah kemeja secukupnya, aku rasa dua cukup

Kemeja adalah pakaian yang jarang digunakan oleh orang minimalis. Khususnya dalam kegiatan sehari-hari mereka. Kemeja sering digunakan hanya pada saat tertentu saja. Misalkan perkuliahan, atau acara formal lainnya. Orang minimalis tidak suka diribetkan dengan hal-hal seperti itu.

3. Belilah kaos atau kemeja yang paling kamu sukai

Nah ini penting, sama seperti pengertian minimalis secara umum, prinsipnya adalah membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Artinya, selain nilai guna yang menjadi syarat utama, kamu memang harus membeli pakaian yang paling kamu sukai. Agar, dengan harapan kamu akan sering memakainya.

4. Jangan beli pakaian murahan

Jika kamu ngaku minimalis tapi membeli barang murahan maka statusmu sangat diragukan. Loh kenapa? Kita kan menghemat uang? Salah besar. Hitung-hitungannya begini, jika kamu membeli barang murahan dengan harga 20k dengan estimasi pemakaian 1 bulan sudah rusak. Dan dibandingkan dengan membeli baju dengan harga 40k estimasi 4 bulan tidak rusak, lebih untung mana? Ah masak gak bisa menghitung, hehe. Jelas bukan? Memebeli barang yang berkualitas memang berat di awal, tapi menguntungkan secara jangka waktu yang relatif panjang.

Itulah beberapa tips membeli pakaian ala orang minimalis. Semoga dengan artikel ini kamu lebih bijak dalam membeli pakaian, sehingga apa yang kamu beli bukan semata-mata untuk membuang uang saja. Tapi ada nilai guna yang bermanfaat untuk dirimu sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *