Mahasiswa Baru Wajib Baca Ini! 5 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru Wajib Baca Ini! 5 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru artinya naik satu kasta dari yang semula hanya menjadi siswa, sekarang menjadi mahasiswa atau siswa dengan tingkat tertinggi. Mahasiswa baru bisa juga memiliki arti peralihan masa remaja tengah, menjadi remaja akhir yang sedang duduk di bangku pertama perkuliahan. 

5 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru tentunya harus semakin rajin belajar hal baru. Karena pekerjaan masa depanmu tidak menjamin masih berhubungan dengan jurusan kuliahmu.

Maka dari itu, kamu dapat mengembangkan diri, salah satunya melalui buku bacaan selain mata kuliahmu. Dibawah ini 5 rekomendasi buku untuk mahasiswa baru, yuk simak!

1. Bicara Itu Ada Seninya Karya Oh Su Hyang

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjalin dua arah tidak mengalami hambatan. Dalam buku ini penulis menjelaskan bagaimana rahasia menggunakan teknik komunikasi yang benar dan efektif hingga bisa membuat lawan bicara merasa nyaman dan tidak bosan. 

Agar menjadi komunikator yang baik, kamu bisa membaca buku ini saat waktu senggang. Terutama ketika menjadi mahasiswa baru, buku ini cocok sekali untuk dibaca, agar kamu bisa mendapat teman dan relasi yang banyak dalam dunia perkuliahan.

2. Sang Alkemis Karya Paulo Coelho

Buku setebal 224 lembar ini memberikan suatu ilustrasi negeri yang begitu indah di mediterania dan eksotisnya berbagai gurun di tanah Arab.

Novel ini terbilang ringan dan sederhana untuk dibaca, tetapi tetap berbobot dan berkualitas. Novel sang alkemis sempat menduduki best seller karena memiliki daya tarik tersendiri oleh pembacanya.

Sang alkemis memberikan nasihat keberanian untuk melangkah mengejar impian dan cita-cita dengan segala resiko yang didapatkan. Hal tersebut yang membuat novel sang alkemis karya paulo coelho cocok dibaca sewaktu menjadi mahasiswa baru.

3. Is It Bad Or Good Habits Karya Sabrina Ara

Buku ini dapat membantu kamu yang ingin membangun kebiasaan baru yang lebih baik. Sesuai dengan cover bukunya, rutinitas dan kebiasaan dapat mempengaruhi kehidupan.

Salah satu contohnya, buku ini menjelaskan betapa pentingnya manajemen waktu. Bagi mahasiswa, latihan manajemen waktu yang baik sangat diperlukan.

Bagaimana nantinya akan menghadapi tumpukan tugas dengan deadline yang sama, belum lagi waktu untuk organisasi, atau bahkan untuk mahasiswa yang sambil bekerja, tentunya harus benar-benar bisa membagi waktu dengan baik.

4. Retorika Seni Berbicara Karya Aristoteles 

Aristoteles adalah seorang filsuf Yunani sekaligus murid dari Plato. Buku retorika mempelajari seni bicara khususnya pada bidang politik.

Nantinya akan terdapat penjelasan-penjelasan mengenai 3 teori retorika, yakni ethos, logos, dan pathos. Buku ini termasuk jenis non fiksi, dan tergolong buku filsafat.

Aristoteles memberikan dasar-dasar sistem retorika mengenai perkembangan teori retorika dari zaman kuno sampai zaman modern, sehingga buku ini dianggap sebagai karya tunggal yang paling penting dalam seni persuasi. 

5. Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S Khairen

Buku ini menceritakan tentang sekumpulan mahasiswa yang berkuliah di Universitas dengan reputasi yang sangat buruk dan hanya sebagai pilihan terakhir orang-orang untuk berkuliah. Kami (bukan) sarjana kertas mengisahkan berbagai permasalahan ketika menjadi mahasiswa.

Novel setebal 372 halaman, mengisahkan para tokoh yang ada di novel ini berkali-kali jatuh namun dapat bangkit lagi, itu mengajarkan bahwa setiap permasalahan pasti mempunyai jalan keluar masing masing.

Permasalahan yang terjadi cukup menggambarkan suasana ketika berkuliah, maka dari itu novel ini cocok untuk mahasiswa baru.

Nah itu tadi 5 rekomendasi buku bacaan untuk mahasiswa baru sebagai inspirasi bacaanmu di bangku pertama perkuliahan ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *