Perlu Kamu Tahu! Perbedaan Skripsi dan Tugas Akhir

Perlu Kamu Tahu! Perbedaan Skripsi dan Tugas Akhir

Perbedaan skripsi dan tugas akhir, sebagai seorang mahasiswa, kamu tentunya harus mengerti apa itu skripsi maupun tugas akhir dalam fakultas itu sendiri. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah kamu mampu atau tidak dalam menjalani pembelajaran sebelumnya maupun pada tahun yang akan datang. Lantas apa perbedaan skripsi dan tugas akhir?.

Perlu Kamu Tahu! Perbedaan Skripsi dan Tugas Akhir

1. Pengertian

perbedaan yang cukup dominan antara skripsi dan tugas akhir yaitu pengertiannya. Pengertian skripsi sendiri yaitu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Sedangkan tugas akhir merupakan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing.

Nah, dari pengertiannya saja sudah mempunyai pengertian yang jauh berbeda. Yuk simak informasi selanjutnya supaya kamu punya pemahaman dan mempermudah dalam membuatnya.

2. Karakteristik

Dalam membuat skripsi maupun tugas akhir itu tidaklah mudah. Kamu juga harus mengerti karakteristik maupun hal-hal apa yang itu bisa menyebut bahwa itu skripsi atau tugas akhir. Karakteristik skripsi antara lain, yaitu:

  • Skripsi dapat kamu buat berdasarkan informasi dari koran, majalah, buku jurnal, laporan penelitian, seminar, atau keadaan lapangan.
  • Skripsi menjelaskan keterkaitan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian bertopik relatif sama lainnya yang sesuai dengan bidang keilmuan.
  • Hasil penelitian yang dipaparkan dalam skripsi, selain didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan.  Dengan demikian hal itu juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang sejenis.

Sedangkan karakteristik tugas akhir juga mempunyai perbedaan dengan skripsi itu sendiri. Karakteristik tugas akhir antara lain, yaitu:

  • Identifikasi masalah untuk tugas ini dapat kamu angkat dari hasil praktik (praktik kerja lapangan) yang boleh kamu lakukan apabila kamu adalah seorang mahasiswa program diploma.
  • Tugas tersebut mempunyai harapan supaya bisa menjelaskan keterkaitan antara penelitian yang telah kamu lakukan dengan penelitian bertopik sama lainnya dalam dunia kerja.
  • Hasil penelitian yang terpaparkan dalam tugas ini harus mendukung data yang kamu peroleh dari penelitian yang kamu lakukan.

3. Tujuan

Yang terakhir yaitu tujuan skripsi maupun tugas akhir. Dengan kamu memahami tujuannya maka kamu dapat mengerti dan menginformasikan kepada sesama teman fakultas supaya mudah dalam membuat laporan tersebut.

Dan berikut ini adalah tujuan skripsi antara lain, yaitu:

  • Mahasiswa mampu mengembangkan keilmuan yang kamu kuasai dengan menggunakan metode ilmiah.
  • Bertujuan supaya mahasiswa mampu melakukan penalaran keilmuan dalam merumuskan masalah dan mencari solusi atau pemecahan masalah yang berkaitan dengan keilmuan tersebut.
  • Dapat mengkomunikasikan hasil penelitiannya dengan baik dalam bentuk tulisan maupun lisan terutama pada seminar hasil dan sidang skripsi.
  • Mahasiswa harus bisa berpikir logis, kritis, dan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan permasalahan dalam bidang keilmuan yang telah kamu ambil.
  • Mampu menganalisa, mendapatkan hasil penelitian, dan menuliskan hasil pemikirannya dalam bentuk tulisan yang terstruktur dan sistematis.

Sedangkan tujuan tugas akhir sendiri yaitu:

  • Bertujuan untuk membentuk sikap mental ilmiah.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan supaya dapat mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian berdasarkan rasional tertentu,  yang mendapatkan nilai penting, dan bermanfaat.
  • Mahasiswa harus mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk naskah tugas akhir.
  • Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan kualitatif, dapat menarik kesimpulan yang jelas, serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak yang berkepentingan.
  • Mampu mempresentasikan dan mempertahankan hasil tugas ini dalam forum ujian lisan di hadapan tim dosen penguji.

Supaya kamu lebih memahami apa itu skripsi, kamu dapat mengikuti link berikut ini.

Perbedaan skripsi dan artikel ilmiah

Demikianlah artikel yang telah saya buat. Bagikan informasi kepada sesama tema  fakultas kamu, semoga bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *