Pengertian dan Cara Membuat Parafrase yang Baik dan Benar

Pengertian dan Cara Membuat Parafrase yang Baik dan Benar

Inilah pengertian dan cara membuat parafrase yang baik dan benar. Teknik menulis terhadap poin penting dalam ilmu kepenulisan menjadi salah satu ilmu yang harus harus diperhatikan jika kamu adalah seorang penulis. Dalam membuat kalimat, tentu kamu harus mengerti akan penggunaannya secara baik yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang.

Bukan tanpa alasan, tentu hal tersebut akan mempengaruhi akan karya tulis yang kamu buat. Salah satunya yaitu teknik pembuatan parafrase dalam sebuah karya tulis. Namun, sebelum kamu mengetahuinya, alangkah baiknya, kamu bisa memahami dulu pengertian parafrase.

Lalu, apa pengertian parafrase itu? Untuk mendapatkan jawaban yang lebih kompleks, maka disarankan bagi kamu supaya membaca informasi dibawah ini sampai tuntas! Inilah pengertian dan cara membuah sebuah parafrase yang baik dan benar.

Pengertian dan Cara Membuat Parafrase yang Baik dan Benar

Dan inilah ulasan terlengkapnya!

Pengertian Parafrase

Secara sederhana, parafrase diartikan sebagai salah satu cara dalam meminjam gagasan atau sebuah ide dari sumber tertentu tanpa menjadi sebuah karya yang terkena plagiasi. Sedangkan menurut kamu besar dari Oxford Advanced Learner’s Dictionary, parafrase adalah cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.

Saat melakukan proses pengutipan dalam upaya membuat parafrase tentu kamu harus pintar-pintar dalam menggunakan kata-kata milik kamu sendiri namun memiliki ide pokok yang sama dengan sumber yang kamu baca. Sehingga hasil dari proses pengutipan tersebut bisa kamu gunakan untuk keperluan dalam pembuatan buku. Keuntungan yang lain adalah karya yang kamu buat lebih mudah dipahami dikarenakan memuat penggunaan kata yang lebih simpel na;lioomun mengacu pada ide pokok yang spesifik.

Cara Membuat Parafrase

Sebelum melanjutkan pada tahap pembuatan parafrase, inilah beberapa alasan jika teknik membuat parafrase itu sangat berharga dikarenakan:

  1. Parafrase lebih baik jika dibandingkan dengan mengutip informasi dari sebuah paragraf atau tulisan yang kurang menonjol dan terkesan lebih reliable.
  2. Parafrase dapat membantu para penulis supaya dapat mengontrol kegiatan yaitu seringnya dalam melakukan proses pengutipan pada sebuah sumber..
  3. Proses mental yang dibutuhkan bagi keberhasilan sebuah parafrase membantu penulis untuk memahami sepenuhnya mengenai makna terhadap teks dan sumber yang akan digunakan.

Berikut ini merupakan cara dan teknik dalam membuat parafrase yang baik dan benar.

  1. Bacalah kembali teks sumber sampai kamu memahami benar isi teks tersebut
  2. Singkirkan teks/naskah asli tersebut dan tulislah ulang gagasan dalam teks tadi dalam sebuah kertas.
  3. Buatlah daftar beberapa kata dibawah parafrase kamu tadi untuk mengingatkan kamu kembali pada cara kamu memahami naskah asli tersebut. Di atas kartu catatan tadi, tuliskan kata kunci yang menunjukkan subjek atau tema parafrase kamu.
  4. Bandingkan tulisan kamu tadi dengan naskah aslinya untuk mengecek apakah semua gagasan, terutama gagasan yang penting telah tercantum dalam hasil tersebut.
  5. Gunakan tanda petik ganda untuk mengidentifikasi istilah-istilah khusus, terminologi, atau frase yang kamu pinjam dari naskah asli, dan yang kamu ambil sama persis dengan naskah asli.
  6. Tuliskan sumber (termasuk halaman) pada kertas catatan kamu sehingga ini mempermudah kamu untuk menuliskan sumber pustaka atau referensi, bila kamu bermaksud mengambil parafrase tersebut

Dalam menyalin sebuah teks yang akan kamu jadikan kalimat tentu harus kamu persunting terlebih dahulu. Untuk mencegah akan plagiasi dalam naskah yang kamu buat. Bagikan informasi ini kepada orang lain. Selamat beraktivitas!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *