Cara Merevisi Naskah Novel Menggunakan Level Down Revision Method by Jessica Brody

Merevisi Naskah Novel Menggunakan Level Down Revision Method by Jessica Brodie

Setelah sebelumnya kami telah menguraikan tips dalam merevisi naskah fiksi, di mana salah satunya ialah merevisi novel menggunakan metode Level Down Revision.

Sekarang akan kami uraikan sedikit lebih mendalam mengenai Level Down Revision Method. Metode ini merupakan sebuah metode merevisi naskah fiksi, khususnya novel yang diperkenalkan oleh Jessica Brody.

Cara Merevisi Naskah Novel Menggunakan Level Down Revision Method by Jessica Brody

Lalu siapakah Jessica Brody dan apa itu Level Down Revision Method? Jawaban untuk pertanyaan tersebut akan kami uraikan pada penjelasan di bawah ini. Silahkan menyimaknya, dan semoga bisa memberi manfaat!

Siapakah Jessica Brody?

Mengenal Jessica Brody layak untuk kita lakukan untuk selanjutnya kita akan membahas tentang metode revisi naskah novel yang diperkenalkannya. Jessica Brodymerupakan seorang penulis novel di mana lebih dari lima belas judul yang telah diterbitkan di penerbit besar.

Novel-novel tersebut telah diterjemahkan di lebih dari 23 negara. Sebelum menjadi penulis novel, Dia pernah bekerja sebagai studio executive untuk MGM pada 2005.

Selain menulis fiksi, Dia juga menerbitkan buku non-fiksi salah satunya berjudul Save the Cat! Writes a Novel yang juga telah ada versi Bahasa Indonesianya. Lebih lanjut tentang resensi buku tersebut akan dibahas di artikel berikutnya.

Dengan berbagai pengalamannya dalam menulis novel dan karya lainnya, maka sangat layak apabila sekarang kami akan membahas salah satu ilmunya dalam merevisi novel. Okay! Silahkan menyimaknya di bawah ini tips merevisi novel menggunakan level down revision method by Jessica Brody!

Apa yang dimaksud dengan Level Down Revision Method?

Metode merevisi novel ini pada dasarnya memecah proses revisi mu menjadi beberapa level atau “passes” naskah. Yaitu mulai dari tingkat makro dan berlanjut pada tingkat mikro cerita novelmu. Dengan demikian akan memungkinkanmu untuk fokus pada satu tingkatan atau level pada satu waktu.

Lebih lanjut tentang Level Down Revision Method

Bagaimana tingkatan level merevisi novel tersebut? Berikut adalah penjelasan singkatnya mengenai tingkatan revisi yang perlu kamu fokuskan.

Level cerita

Merevisi bagian cerita merupakan langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan metode ini. Pada bagian tingkatan atau level ini kamu berfokus pada gambaran besar yang mempengaruhi cerita novelmu yaitu mengenai:

  1. struktur
  2. plot
  3. karakter tokoh protagonis
  4. pengembangan karakter
  5. pembangunan dunia
  6. tempo keseluruhan dari plot.

Pada proses revisi di level ini akan membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga. Walaupun demikian keberhasilanmu dalam merevisi cerita akan memperlancarmu dalam proses revisi berikutnya. Dan tentu kamu tahu bahwa cerita adalah bagian penting dari sebuah novel, tanpa cerita yang baik novelmu akan hambar untuk dibaca.

Level Adegan

Setelah kamu memiliki cerita yang kokoh maka kamu bisa melanjutkan pada proses merevisi naskah novel di level berikutnya. Yaitu merevisi level adegan, biasa disebut juga dengan mengedit dengan terperinci.

Pada tingkatan atau level revisi ini kamu bisa memastikan bahwa setiap adegan (atau peristiwa dalam plot) dibuat secara efektif. Tahap ini kamu akan berfokus pada merevisi setiap adegan seolah-olah itu adalah cerita mininya sendiri. Yakni dengan fokus pada:

  1. tempo adegan
  2. struktur adegan
  3. elemen adegan penting

Level Halaman

Tingkat revisi yang terakhir adalah revisi tingkat halaman. Fokusmu adalah per halaman naskah novel yang kamu tulis tersebut. Kamu akan merevisi setiap halaman, baris demi baris.

Pada proses ini kamu perlu memastikan bahwa tulisanmu dinamis dan menarik di setiap halamannya. Fokusmu adalah pada pemolesan kalimat, pemilihan kata, terjadi penulisan kata atau tidak dan lain sebagainya.

Uraian di atas hanyalah secuil gambaran umum tentang salah satu metode dalam merevisi naskah novel. Kamu perlu membaca materi-materi menarik lainnya tentang tips dalam merevisi novel baik dari situs web maupun buku.

Dan yang pasti sebelum kamu bisa merevisi novelmu maka terlebih dahulu selesaikan naskah cerita novelmu. Maka dari itu tetaplah semangat untuk menulis dan menyelesaikan karyamu, ya! Dan wujudkan cita-citamu untuk menjadi seorang penulis novel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *