Menulis Resensi Buku: Definisi dan Manfaat Bagi Penggemar Buku

Menulis Resensi Buku: Definisi dan Manfaat Bagi Penggemar Buku

Menulis resensi buku, pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? Seharusnya jika kita adalah salah seorang yang hobi membaca buku atau bahkan seorang penulis akan paham apa yang dimaksud dengan membuat resensi buku.

Menulis Resensi Buku: Definisi dan Manfaat Bagi Penggemar Buku

Namun jika kamu belum begitu mengenal apa itu menulis resensi buku maka artikel ini cocok untuk kamu baca. Pada artikel ini kami akan menguraikan hal-hal mengenai resensi buku. Khususnya tentang definisi dan manfaatnya untuk kamu para penggemar buku.

Definisi resensi buku

Resensi dalam KBBI memiliki arti, pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Dari beberapa sumber lain menyatakan bahwa resensi berasal dari Bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali

Melansir E-Jurnal, secara bahasa resensi merupakan perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.

Manfaat

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menulis resensi buku.

1. Sebagai media untuk membagikan pendapat

Melalui menulis resensi buku kamu bisa menuliskan dan membagikan pendapatmu tentang sebuah buku. Dalam proses menuliskan pendapat ini maka akan dipastikan kamu telah melalui beberapa hal yang tanpa sadar akan bermanfaat untukmu. Hal apakah itu, berikut sedikit contohnya:

Melatih berpikir kritis

Apabila kamu membaca buku dengan tujuan untuk meresensinya maka prosesnya membaca akan lebih mendalam. Maksudnya adalah kamu tidak hanya sekedar membaca, tapi kamu juga akan mengajukan pertanyaan kritis akan apa yang kamu baca. Semisal mengenai:

  1. Apakah buku tersebut telah menyajikan karakter yang dapat dipercaya, yaitu bisa kamu jumpai dalam kehidupan nyata?
  2. Apakah kamu menyukai gaya penulisan si penulis dan juga pilihan diksi yang digunakan?
  3. Apakah kamu merasakan emosi dan emosi seperti apa yang kamu rasakan?
  4. Bagian mana dari buku tersebut yang membuatmu merasakan sebuah emosi tersebut?
  5. Apakah kamu merasa puas dengan akhir cerita?
Menambah banyak relasi

Jika kamu sudah selesai menulis resensi buku yang kamu baca maka kamu bisa membagikannya kepada teman komunitas menulismu. Kamu pun bisa saling bertukar pendapat dengan teman menulis lainnya mengenai buku yang kamu resensi tersebut. Dengan demikian interaksimu bersama teman menulis semakin intent dan pertemanan akan terjalin semakin erat.

Melatihmu untuk mindfulness

Semua serba cepat itu bagus, tapi ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dengan penuh ketenangan dan minfulness. Salah satunya adalah membaca buku, nikmatiah setiap halaman yang disajikan. Dengan niat akan menulis resensi buku maka kamu akan menikmati prosesmu membaca.

Tidak hanya menikmati proses membaca, kamu pun akan minfulness dan lebih teliti. Kebiasaan ini jika bisa berlanjut untuk kegiatan sehari-hari akan memberikan dampak yang positif tentunya. Misalnya kamu jadi tidak mudah menilai suatu hal hanya dengan sekali melihat, kamu akan terbiasa melihatnya lebih dalam.

2. Media penghasil uang

Menghasilkan uang dari menulis resensi buku mungkin saja untuk kamu dapatkan. Cara yang bisa kamu lakukan misalnya mengirim resensi bukumu ke media masa baik cetak maupun online.

Cara lainnya yaitu apabila kamu aktif menulis resensi buku akan membuka peluang untuk dilirik penerbit. Yang nantinya kamu akan menerima jasa resensi buku, yaitu dengan mengulas buku dari penerbit tersebut.

3. Memberi manfaat untuk calon pembaca lainnya

Secara tidak langsung resensi buku yang kamu tulis mungkin saja mempengaruhi orang lain. Yakni mempengaruhinya dalam mengambil keputusan membaca buku yang kamu ulas tersebut atau tidak.

Mereka pun akan mendapat manfaat seperti tidak salah dalam memilih buku yang akhirnya akan menghemat uangnya. Atau justru akan membeli dan membaca buku tersebut.

Bisa dikatakan bahwa melalui resensi buku akan berdampak pada buku seorang penulis sesuai dengan selera pembaca atau tidak. Dan juga melalui resensi buku ini akan memberi dampak positif bagi penulis buku. Lebih lanjut tentang apa manfaat dari resensi buku bagi seorang penulis akan dibahas di artikel berikutnya, ya!

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu menulis resensi buku. Dapat kita lihat bahwa kegiatan tersebut akan melatihmu berpikir kritis bahkan menghasilkan uang. Jadi bagaimana? Tertarikkah kamu untuk melakukannya?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *