Tertarik Menulis Novel dalam Bahasa Asing? Berikut Tipsnya

Tertarik Menulis Novel dalam Bahasa Asing? Berikut Tipsnya

Memiliki kemampuan bahasa asing sudah diyakini akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kamu bisa membuat tulisan yang dikenal luas tidak hanya di dalam negeri saja. Tentunya, hal itu butuh proses yang panjang dan tidak instan, tetapi bukan mustahil untuk terwujud.

Tertarik Menulis Novel dalam Bahasa Asing? Berikut Tipsnya

Menulis dalam bahasa asing memang tidak bisa dikatakan mudah. Terkadang, bisa saja kamu  kesulitan untuk menemukan pilihan kata yang akan digunakan. Tetapi hal tersebut sama sekali bukanlah alasan untuk menyerah. Berikut ini beberapa tips untuk menulis novel dalam bahasa Inggris.

1. Percaya Diri

Pertama, kamu perlu memiliki rasa percaya diri terlebih dahulu. Sebab, tulisan kamu bisa selesai dalam waktu lama bahkan tidak selesai jika kamu sering merasa tidak yakin dengan kemampuanmu untuk menulis.

Merasa ragu di awal adalah sesuatu yang wajar, tetapi jangan biarkan perasaan tersebut menghalangi kamu untuk mencoba tantangan baru. Meskipun hasil awalnya kemungkinan belum memuaskan, setidaknya kamu telah mencoba hal baru yang bisa memberi manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

2. Asah Terus Kemampuan Bahasa Asing

Kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki, bisa jadi datang dari kurang terasahnya kemampuan kamu akan bahasa asing. Kamu bisa coba mengatasi hal tersebut dengan cara terus mengasah kemampuan tentang bahasa asing yang akan kamu gunakan untuk menulis.

Kamu bisa belajar dari mengahapal kosa kata serta memahami aturan tata bahasa dari bahasa yang kamu minati. Semakin kamu mengasah kemampuan bahasa asing yang kamu miliki, rasa percaya diri juga akan semakin tumbuh sehingga kamu bisa menulis dengan perasaan yang lebih ringan dan tenang.

3. Pilih Tema Tulisan yang Sederhana

Jika kamu belum pernah menulis dalam bahasa asing sebelumnya, alangkah baiknya jika kamu menulis kisah yang ringan dan tidak terlalu sulit terlebih dahulu. Tema ringan seperti kehidupan sehari-hari umumnya masih menggunakan kosa kata dan pola kalimat sederhana yang mudah digunakan.

Jika kemampuan sudah berkembang dan rasa percaya diri telah semakin meningkat, maka kamu pun bisa coba untuk menuliskan kisah yang lebih rumit. Meski menulis tema yang ringan, jangan lupa untuk meramunya menjadi kisah yang apik sehingga pembaca sulit berpaling darinya.

4. Mulai Memberanikan Diri Menulis

Selanjutnya, kamu bisa coba untuk  memberanikan diri menulis. Karena ide bagus yang kamu miliki akan sangat sayang jika hanya menjadi ide tanpa diwujudkan menjadi sebuah novel. Kamu bisa coba menyediakan waktu khusus dimana kamu merasa paling produktif untuk menulis.

Ingatlah untuk melakukannya secara konsisten setiap harinya meskipun hanya sebentar. Sebab, sikap konsisten akan membuat kamu terbiasa dengan kegiatan menulis sehingga novelmu bisa selesai. Tidak perlu merasa terbebani kalau novel harus cepat selesai.

Ingatlah bahwa kamu harus bisa menikmati proses menulis, apalagi jika ini merupakan kali pertamamu menulis dalam bahasa asing. Jangan lupa juga untuk tidak terlalu memikirkan hasil, tulis saja dulu sampai novelmu selesai.

5. Jangan Malas Mengedit

Apabila kamu telah berhasil menyelesaikan naskah novel, kamu bisa beristirahat sejenak, tetapi jangan lupa untuk kembali membacanya dan melakukan proses edit. Proses edit akan membuat novelmu menjadi lebih baik nantinya, karena itulah sebaiknya kamu ingat untuk melakukannya baik sendiri maupun meminta bantuan orang lain.

Itulah tips untuk kamu yang berminat untuk mencoba menulis novel dalam bahasa asing. Semoga berguna dan selamat mencobanya.

Tinggalkan Komentar